Kematian Misterius Bintang yang Memancarkan Enam Cincin Molekul

By Wawan Setiawan, Sabtu, 2 April 2022 | 07:00 WIB
Bintang kaya karbon V Hydrae sedang dalam aksi terakhirnya, dan kematiannya sangat kejam dan luar biasa. Para ilmuwan yang mempelajari bintang tersebut telah menemukan enam cincin, dan struktur lain yang diciptakan oleh ledakan massa materi ke luar angkasa. (ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)/S. Dagnello (NRAO/AUI/NSF))

Nationalgeographic.co.id - Ahli astrofisika telah mempelajari secara rinci bintang raksasa merah bernama V Hydrae (disingkat V Hya) dan menyaksikan pergolakan kematian misterius bintang tersebut.

Para peneliti dari UCLA dan NASA's Jet Propulsion Laboratory menemukan bahwa bintang yang kaya karbon telah mengeluarkan enam cincin molekul yang berkembang perlahan dan struktur berbentuk jam pasir yang mengeluarkan materi ke luar angkasa dengan kecepatan tinggi, menandakan bahwa bintang tersebut sedang mengalami evolusi yang cepat saat ia mengakhiri hidupnya dalam kobaran yang indah sebelum mematikan produksi energinya.

"Ini adalah pertama dan satu-satunya saat serangkaian cincin yang mengembang terlihat di sekitar bintang yang sedang sekarat, serangkaian 'cincin asap' yang mengembang yang telah kami hitung meledak setiap beberapa ratus tahun," kata Mark Morris, seorang profesor fisika dan astronomi UCLA bersama rekan penulis studi ini.

Hasil penelitian, yang dilakukan menggunakan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array, atau dikenal sebagai ALMA, dan data dari Teleskop Luar Angkasa Hubble, telah disetujui dan dipublikasikan secara daring di Astrophysical Journal pada 28 Maret 2022 dengan judul "The Rapidly Evolving AGB Star, V Hya: ALMA finds a Multi-Ring Circus with High-Velocity Outflows".

Lebih dari 90% bintang dengan massa sama atau lebih besar dari massa matahari berevolusi menjadi apa yang oleh para ilmuwan sebut sebagai bintang cabang raksasa asimtotik, atau bintang AGB (asymptotic giant branch), di mana V Hya adalah contohnya. V Hya adalah bintang AGB yang kaya karbon. Bintang ini terletak sekitar 1.300 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Hydra.

Para peneliti menggunakan teleskop Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) (ALMA)

Di antara jutaan bintang ini, V Hya telah menjadi perhatian khusus para astronom karena perilaku dan fitur uniknya, termasuk letusan plasma yang sangat besar yang terjadi kira-kira setiap delapan tahun dan keberadaan bintang pendamping yang hampir tak terlihat yang berkontribusi pada perilaku ledakan V Hya.

"Kami telah menangkap bintang sekarat ini dalam proses pelepasan atmosfernya, pada akhirnya sebagian besar massanya yang merupakan sesuatu yang dilakukan sebagian besar bintang raksasa merah tahap akhir," kata Morris. "Tetapi yang sangat mengejutkan kami, kami telah menemukan bahwa masalah dalam kasus ini dikeluarkan sebagai serangkaian cincin."

"Kami menduga itu mungkin terkait dengan keberadaan bintang pendamping yang mengorbit, tetapi sulit untuk menjelaskannya mengingat interval beberapa ratus tahun antara ejeksi cincin. Bintang ini memberikan kerutan baru dan menarik bagi pemahaman kita tentang bagaimana bintang mengakhiri hidup mereka," ujar Morris.

 Baca Juga: Sempat Dikira Lubang Hitam Terdekat, Ternyata Ada 'Bintang Vampir'

 Baca Juga: Foto Pertama dari Teleskop James Webb Telah Melampaui Ekspektasi

 Baca Juga: Planet Baru yang Terdeteksi Satelit NASA Ini Bakal 'Dilahap' Bintang