Mengulik Sejarah 'April Mop', Siapa yang Memulai Tradisi Ini?

By Sysilia Tanhati, Jumat, 1 April 2022 | 16:15 WIB
Dilarang memotret patung bebek karena dapat merusak patung. April Mop di Boston. (Whoisjohngalt/Wikipedia)

Nationalgeographic.co.id—Hari April Mop dirayakan pada tanggal 1 April setiap tahun. Orang-orang berbgai budaya telah merayakannya selama beberapa abad. Meski banyak yang merayakannya, asal-usul pastinya tetap menjadi misteri hingga kini.

Tradisi April Mop termasuk menyebarkan hoax atau melakukan lelucon praktis pada orang lain. Setelah itu, pelakunya menyerukan "April Mop!" sebagai tanda bahwa lawannya dikelabui.

Sungguh aneh memikirkan berapa lama orang telah menipu satu sama lain sebagai cara untuk merayakan hari pertama bulan April.

Asal usul April Mop

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa April Mop dimulai pada tahun 1582. Saat itu Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian. Dalam kalender Julian, tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar 1 April.

Sebagian orang terlambat mendapatkan berita dan tidak menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari. Sehingga mereka merayakan tahun baru sesuai kalender Julian dan muncul istilah “April bodoh.”

Orang lain pun mencemooh dan menempelkan kertas di punggung dengan tulisan ‘poisson d'avril’ atau ikan April. Lelucun ini melambangkan ikan muda yang mudah ditangkap dan orang yang mudah tertipu.

Hilaria di Romawi Kuno

Sejarawan juga menghubungkan April Mop dengan festival seperti Hilaria (bahasa latin untuk kegembiraan). Hilaria dirayakan di Romawi Kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele. Pada festival ini, orang-orang berdandan dalam penyamaran dan mengejek sesame warga. Bahkan hakim pun turut serta dalam keriaan ini. Konon perayaan ini terinspirasi oleh legenda Mesir Isis, Osiris dan Seth.

Vernal Equinox dan April Mop

Ada juga spekulasi bahwa April Mop terkait dengan vernal equinox atau hari pertama musim semi di belahan bumi utara. Pada saat itu, alam menipu orang-orang dengan cuaca yang berubah dan tidak dapat diprediksi.

April Mop di Inggris Raya