Bola Api yang Meledak di Langit Papua Nugini adalah Objek Antarbintang

By Utomo Priyambodo, Kamis, 14 April 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi jatuhnya meteor. Meteor yang mencapai permukaan bumi disebut meteorit. (Marharyta Marko/iStock)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah bola api yang berkobar di langit Papua Nugini pada tahun 2014 ternyata adalah objek antarbintang. Objek antarbintang atau interstellar adalah objek yang bergerak cepat dari suatu sistem bintang ke sistem bintang lain.

Menurut memo yang baru-baru ini dirilis oleh Komando Luar Angkasa AS (US Space Command/USSC), meteor kecil berukuran 0,45 meter itu menabrak atmosfer bumi pada 8 Januari 2014 setelah melakukan perjalanan melalui luar angkasa dengan kecepatan lebih dari 210.000 kilometer per jam. Ini adalah kecepatan yang jauh melebihi kecepatan rata-rata meteor yang mengorbit di dalam tata surya, menurut studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam basis data pracetak arXiv.

Studi tahun 2019 itu berpendapat bahwa kecepatan meteor kecil itu, bersama dengan lintasan orbitnya, membuktikan dengan kepastian 99 persen bahwa objek itu berasal jauh di luar tata surya kita. Objek itu mungkin "dari bagian dalam sistem planet atau bintang di cakram galaksi Bima Sakti," tulis para peneliti seperti dilansir Live Science.

Tetapi meskipun hampir pasti, makalah tim peneliti tersebut tidak pernah ditinjau para rekan sejawat atau diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Sebab, beberapa data yang diperlukan untuk memverifikasi perhitungan mereka dianggap diklasifikasikan atau dirahasikan oleh pemerintah AS, menurut Vice.

Sekarang, para ilmuwan USSC telah secara resmi mengkonfirmasi temuan tim tersebut. Dalam memo tertanggal 1 Maret dan dibagikan di Twitter pada 6 April, Letnan Jenderal John E. Shaw, wakil komandan USSC, menulis bahwa analisis bola api 2019 "cukup akurat untuk mengonfirmasi sebuah lintasan antarbintang."

Konfirmasi ini secara surut menjadikan meteor 2014 sebagai objek antarbintang pertama yang pernah terdeteksi di tata surya kita, tambah memo tersebut.

    

Baca Juga: Astronom Pastikan Objek Antarbintang Oumuamua Bukan Pesawat Alien

Baca Juga: Borisov Tidak Langka, Ada Banyak Komet Antarbintang di Awan Oort

Baca Juga: Identitas Objek Antarbintang Misterius Oumuamua Akhirnya Terungkap

Baca Juga: Peneliti Temukan ‘Imigran Antarbintang’ Pertama di Sistem Tata Surya