Mengenal Puasa Ekadashi, Jadi Penebusan Dosa Bagi Umat Hindu India

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 14 April 2022 | 14:00 WIB
Puasa Ekadashi di India. (She The People)

Nationalgeographic.co.id—Umat Hindu merayakan Papankosh Ekadashi. Perayaan ini ditandai dengan puasa sepanjang hari sebelum matahari terbenam. Mereka percaya dengan melakukan perayaan tersebut, sebagai penebusan dosa, menghapus kebodohan dalam diri manusia serta mengubah nasib kehidupan. 

Ekadashi ini didedikasikan untuk Dewa Padmanabha, reinkarnasi Dewa Wisnu. Dianggap sangat keramat dan menguntungkan bagi seorang penyembah. Hari besar ini terjadi pada hari ke-11 setelah bulan purnama.

Selain puasa, beberapa umat juga melaksanakan sumpah hening (maun vrat). Selain itu, diyakini bahwa seorang penyembah tidak boleh berbohong atau melakukan tindakan berdosa apa pun saat menjalankan ritual.

Seorang penyembah harus terjaga sepanjang siang dan malam dan mendedikasikan dirinya dalam meditasi dan pengucapan mantra dan bhajan Dewa Wisnu. Beberapa juga menganggap membaca Wisnu Sahasranam sebagai hal yang menyenangkan pada hari ini. Sebelum berbuka puasa, para penyembah harus menyumbangkan makanan atau uang kepada para Brahmana.

Jika beberapa penyembah tidak dapat menjalankan puasa, mereka dapat menyumbangkan makanan dan barang-barang lainnya kepada para Brahmana dan mencapai pahala yang sama. Beberapa bahkan melakukan Brahman Bhoj di mana mereka memberi makan sejumlah Brahmana dan mencari berkah mereka.

Puasa Ekadashi sebagai Penebus Dosa

Papankosh Ekadashi diyakini memiliki begitu banyak kekuatan sehingga semua dosa pemuja dihapus. Menjalankan puasa dan pengabdian kepada Dewa Wisnu pada hari ini dianggap setara dengan pergi berziarah.

  

Baca Juga: Ritual Aneh Suku Apatani di India, Wanita Wajib Sumbat Hidung

Baca Juga: Kebenaran Vetala, Roh Jahat Umat Hindu di India Berwujud Vampir

Baca Juga: Sejarah Permainan Ular Tangga, Jadi Alat Pengajaran Agama Hindu