Inilah Urutan Lima Teratas Kegagalan dalam Imajinasi Ilmu Pengetahuan

By Agnes Angelros Nevio, Selasa, 19 April 2022 | 08:00 WIB
ilustrasi ilmuwan (Alexander Avilov /Moskva News Agency)

Nationalgeographic.co.id—Saat berbicara tentang sains, beberapa orang akan mengatakan, itu adalah suatu hal yang selalu memberikan fakta-fakta yang dingin dan sulit. Karena wilayah imajinasi sudah menjadi wilayah para filsuf dan penyair.

Di sisi lain, seperti yang diamati dengan cermat oleh Albert Einstein, "Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan." Pengetahuan, katanya, terbatas pada apa yang kita ketahui sekarang, sementara “imajinasi mencakup seluruh dunia, merangsang kemajuan.”

Jadi imajinasi sering menjadi awal dari kemajuan transformatif dalam pengetahuan, membentuk kembali pemahaman manusia tentang dunia dan menciptakan teknologi baru yang kuat.

Namun meskipun terkadang berhasil secara spektakuler, imajinasi juga sering gagal dalam cara yang menghambat pengungkapan rahasia alam. Beberapa imajinasi tampaknya tidak mampu terwujudkan karena ada lebih banyak realitas daripada apa yang sudah mereka ketahui.

Dalam banyak kesempatan, para ilmuwan telah gagal meramalkan cara-cara menguji ide-ide baru, menertawakannya sebagai hal yang tidak dapat diverifikasi dan oleh karena itu tidak ilmiah. Oleh karena itu, tidak terlalu sulit untuk menghasilkan cukup banyak kegagalan imajinasi ilmiah untuk menyusun daftar 5 Teratas, dimulai dengan:

  1. Atom

Gambaran atom ()

Pada pertengahan abad ke-19, sebagian besar ilmuwan percaya pada atom. Kimiawan khususnya. John Dalton telah menunjukkan bahwa rasio sederhana dari unsur-unsur yang berbeda yang membentuk senyawa kimia sangat menyiratkan bahwa setiap unsur terdiri dari partikel kecil yang identik. Penelitian selanjutnya tentang berat atom-atom itu membuat kenyataan mereka cukup sulit untuk dibantah. Tapi itu tidak menghalangi fisikawan-filsuf Ernst Mach. Bahkan hingga awal abad ke-20, dia dan sejumlah orang lainnya bersikeras bahwa atom tidak mungkin nyata, karena mereka tidak dapat diakses oleh indera. Mach percaya bahwa atom adalah "kecerdasan mental", fiksi yang membantu dalam menghitung hasil reaksi kimia. "Apakah kamu pernah melihatnya?" dia bertanya.

Terlepas dari kekeliruan mendefinisikan realitas sebagai "dapat diamati", kegagalan utama Mach adalah ketidakmampuannya untuk membayangkan cara atom dapat diamati. Bahkan setelah Einstein membuktikan keberadaan atom secara tidak langsung pada tahun 1905, Mach tetap pada pendiriannya. Dia tidak menyadari, tentu saja, teknologi abad ke-20 yang memungkinkan mekanika kuantum, dan karenanya tidak meramalkan mikroskop baru yang kuat yang dapat menunjukkan gambar atom yang sebenarnya (dan memungkinkan perusahaan komputasi tertentu untuk menajaknya berkeliling untuk menguraikan IBM).

  1. Kanal di Mars

planet mars (Getty Images)

Kadang-kadang imajinasi gagal karena terlalu berlebihan. Dalam kasus drama tak berujung tentang kemungkinan kehidupan di Mars, kanal-kanal terkenal di planet itu ternyata hanya isapan jempol dari imajinasi ilmiah yang terlalu aktif.

Pertama kali "diamati" pada akhir abad ke-19, kanal Mars muncul sebagai garis-garis di permukaan planet, yang digambarkan sebagai kanal oleh astronom Italia Giovanni Schiaparelli. Canali, bagaimanapun, adalah bahasa Italia untuk saluran, bukan kanal. Jadi dalam hal ini ia memiliki gagasan bahwa Mars dihuni. "Kanal digali," kata astronom Inggris Norman Lockyer pada tahun 1901, "jadi ada yang menggali." Segera para astronom membayangkan sistem kanal yang rumit yang mengangkut air dari kutub Mars ke daerah metropolitan dan pusat pertanian yang haus. (Beberapa pengamat bahkan membayangkan melihat kanal di Venus dan Merkurius.)

Dengan imajinasi yang lebih terbatas, dibantu oleh teleskop dan terjemahan yang lebih baik, kepercayaan pada kanal Mars akhirnya memudar. Itu hanyalah angin Mars yang meniupkan debu (terang) dan pasir (gelap) di sekitar permukaan dengan cara yang kadang-kadang membuat garis-garis terang dan gelap berbaris dengan cara yang menipu mata yang melekat pada otak yang terlalu imajinatif.yang menggali." Segera para astronom membayangkan sistem kanal yang rumit yang mengangkut air dari kutub Mars ke daerah metropolitan dan pusat pertanian yang haus. (Beberapa pengamat bahkan membayangkan melihat kanal di Venus dan Merkurius.)