Huey Tzompantli, Menara Tengkorak Manusia Peninggalan Suku Aztec

By Maria Gabrielle, Rabu, 20 April 2022 | 16:00 WIB
Menara tengkorak peninggalan Suku Aztec. (INAH)

Nationalgeographic.co.id—Huey Tzompantli menjadi salah satu peninggalan Suku Aztec yang menarik sekaligus menakutkan. Bertempat di Meksiko, Huey Tzompantli dibangun dari tengkorak manusia.

Situs bersejarah ini ditemukan pertama kali pada tahun 2015 lalu. Kemudian pada tahun 2020, dilansir dari Artnet News para ahli temuan baru berupa 119 tengkorak. Diketahui sebelumnya tengkorak berjumlah 484 sehingga total ada 603 tengkorak yang ditumpuk di atas satu sama lain dan direkatkan.

Menara ini diyakini sebagai salah satu dari tujuh struktur serupa yang pernah berdiri di ibu kota Aztec, Tenochtitlán (kini Mexico City). Menara tengkorak disebutkan dalam catatan kontemporer tenatng penangkapan kota oleh Hernan Cortes tahun 1521 dan diruntuhkan oleh conquistador atau penakluk/kolonis Spanyol di benua Amerika tidak lama berselang.

Para arkeolog telah lama mengetahui bahwa orang-orang Mesoamerika memajang kepala prajurit yang ditangkap di rak tengkorak atau tzompantli dalam bahasa Nahuatl. Namun, dari penemuan di tahun 2020 itu ada tengkorak wanita dan tiga orang anak, diidentifikasi dari gigi mereka yang belum dewasa.

Rodrigo Bolanos, seorang antropolog biologi yang bekerja di situs tersebut kepada Reuters pernah mengatakan bahwa ia dan rekan-rekan menduga hanya ada ada laki-laki. Tidak terpikir kalau perempuan dan anak-anak akan berperang.

“Sesuatu yang tidak kami miliki catatannya terjadi, dan ini benar-benar baru, yang pertama di Huey Tzompantli,” ujar Rodrigo Bolanos, kala itu.

Penggalian dilakukan oleh Program Arkeologi Kota (The Urban Archeology Program) di Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH). Temuan baru didapat di dekat Katedral Metropolitan, Mexico City yang dibangun di atas reruntuhan pusat keagamaan Aztec, Templo Mayor, abad ke-14 dan 15. Sebagai informasi, Templo Mayor merupakan pusat keagamaan yang didedikasikan untuk dewa perang, Huitzilopochtli dan dewa hujan, Tlaloc.

Menara tengkorak pertama kali ditemukan tahun 2015. (INAH)

Melansir Smithsonian Magazine, arkeolog Barrera Rodriguez dalam pernyataannya mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat menentukan berapa banyak tengkorak milik pejuang. Mungkin beberapa adalah tawanan yang ditakdirkan untuk upacara pengorbanan.

“Kita tahu bahwa mereka semua disakralkan, mereka  menjadi hadiah untuk para dewa atau bahkan personifikasi dari para dewa itu sendiri,” ujar Barrera Rodriguez.

Lebih lanjut, Atlantic pada tahun 2017 melaporkan bahwa orang-orang Aztec memajang tengkorak korban di rak yang lebih kecil di sekitar Tenochtitlán sebelum memindahkannya ke struktur Huey Tzompantli yang lebih besar. Direkatkan dengan kapur, tengkorak-tengkorak itu disusun menjadi lingkaran besar yang meninggi dan melebar.

Baca Juga: Syarat Jadi Pemimpin Aztec, Wajib Ikuti Perang Pertumpahan Darah