Hukum Bengis Draconian Yunani Kuno yang Diukir dalam Darah Manusia

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 20 April 2022 | 09:00 WIB
Patung Socrates filsuf Yunani kuno (lentina_x/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Athena mungkin paling terkenal sebagai tempat kelahiran demokrasi. Salah satu landasan untuk pembentukan demokrasi adalah pengenalan kode hukum tertulis yang hanya bisa ditegakkan oleh pengadilan. Institusi kode hukum semacam itu menghilangkan interpretasi (sering tidak adil) hukum lisan yang pernah menjadi hak prerogatif bangsawan Athena. Orang yang bertanggung jawab untuk mengatur Athena dengan kode hukum tertulis adalah legislator Athena, Draco. Hukum Draco dikenal sangatlah brutal dan ditulis dengan darah!

Kode Hukum

Draco tinggal di Athena selama abad ke-7 SM. Selama periode ini, hukum lisan digunakan, dan berada di bawah kendali kelas aristokrat. Ini berarti bahwa sistem hukum tidak adil. Hukum dapat dengan mudah dieksploitasi oleh kelas bangsawan untuk keuntungan mereka sendiri. Draco menetapkan kode hukumnya pada 622/621 SM. Selain itu, sangat sedikit yang kita ketahui tentangnya.

Menurut cerita rakyat, kematian Draco disebabkan oleh popularitasnya. Kisahnya, ketika Draco berada di teater Aeginetan, para pendukungnya memutuskan untuk menunjukkan persetujuan mereka dengan cara tradisional Yunani, yaitu dengan melemparkan topi, kemeja, dan jubah mereka ke kepalanya. Sejumlah besar pakaian ini dilemparkan padanya, sehingga membuat Draco tercekik dan mati.

Sebelum Draco, hukum diberikan secara lisan ()

Kembali ke hukum Draco. Hukum ini pertama kali ditulis di tablet kayu. Artinya semua orang yang bisa membaca tulisan tersebut akan dapat mengetahui isi hukum-hukumnya. Menurut Aristoteles, salah satu dari sedikit sumber kuno yang kita miliki tentang Draco, hukum ini ditulis menggunakan darah manusia, bukan tinta. Meskipun pembacaan literal dapat diterapkan, interpretasi metaforis dibenarkan juga.

Terlepas dari tablet kayu, yang dikatakan telah bertahan selama 200 tahun, hukum Draco juga dipahat pada tablet batu. Tentu, batu merupakan bahan yang lebih tahan lama daripada kayu, prasastinya mungkin hilang karena pelapukan setelah terpapar unsur-unsur selama berabad-abad. Dengan demikian, isi asli hukum Draco hilang ditelan bumi, dan hanya Aristoteles yang mencatatnya.

Teknologi kiwari mungkin dapat mengungkapkan teks-teks tersembunyi pada prasasti batu, melalui pencitraan fluoresensi sinar-X. Upaya ini dikembangkan oleh para peneliti di Cornell University. Proses ini bergantung pada pendeteksian jejak pigmen yang digunakan untuk melukis huruf ketika dipahat. Karena pigmen ini biasanya mengandung oksida logam dan sulfida, gambar dan huruf dapat dihasilkan. Jadi, ada harapan bahwa hukum asli Draco suatu hari nanti akan tersedia bagi kita.

 

Kode hukum Yunani kuno, abad ke-5 SM, Kreta. ()

Solon, pemberi hukum Athena yang bijaksana ()

Hukuman Kejam

Plutarch, sumber kuno lain untuk Draco, dalam Life of Solon-nya, mengklaim bahwa hukuman untuk mencuri apel atau kubis adalah kematian. Kita bisa meminta seseorang untuk menjadi budak pribadi jika mereka berhutang uang kepada kita.