Sanxingdui: Wajah-wajah Aneh dari Budaya Misterius Tiongkok Kuno

By Galih Pranata, Jumat, 22 April 2022 | 08:00 WIB
Topeng emas dengan wajah aneh ditemukan di Sichuan, Tiongkok. Reruntuhan Sanxingdui di Sichuan begitu misterius sehingga banyak pertanyaan yang masih belum terpecahkan hingga hari ini. (Wang Mingping /CFP)

Nationalgeographic.co.id—Wajah-wajah aneh muncul dan ditemukan oleh sejumlah pakar arkeolog di Cina. Wajah aneh ini tergambar ke dalam sebuah artefak kuno dari budaya yang masih menjadi misteri.

Otoritas peninggalan budaya Tiongkok, pada 9 September 2021, mengungkap beberapa penemuan baru dari Reruntuhan Sanxingdui yang misterius di Provinsi Sichuan, termasuk topeng emas, topeng perunggu besar, patung perunggu, dan ukiran gading.

"Sebuah topeng emas lengkap dengan lebar 37,2 sentimeter, tinggi 16,5 sentimeter dan berat sekitar 100 gram digali dari Lubang No.3 Reruntuhan Sanxingdui," tulis Han Jing kepada Xinhua News.

Han Jing menulis artikelnya yang berjudul New discoveries at Sanxingdui Ruins shed light on Chinese civilization yang dipublikasikan pada 20 Maret 2021.

Para arkeolog juga telah menemukan enam lubang pengorbanan baru dan menggali lebih dari 500 benda yang berasal dari sekitar 3.000 tahun yang lalu di Reruntuhan Sanxingdui di Provinsi Sichuan.

"Potongan patung gading mini, beras berkarbonisasi dan biji pohon juga digali. Sisa lubang yang baru ditemukan masih dalam penggalian," imbuhnya.

Sanxingdui terlihat aneh dan sering dikaitkan dengan alien. (The Odyssey Online)

Wajah aneh dalam patung kuno Sanxingdui dengan mata melotot (menonjol keluar) di Cina. (Xin Media)

"Anehnya, kami telah menemukan beberapa barang perunggu yang belum pernah terdengar sebelumnya," kata Lei Yu, dari Institut Penelitian Arkeologi dan Peninggalan Budaya Provinsi Sichuan kepada Xinhua News.

Gaya artefak yang aneh adalah alasan utama di balik kejutan tersebut. Misalnya, patung perunggu setinggi 2,62 m dan pohon perunggu setinggi 3,95 m ditemukan di sini.

Ada juga sosok manusia dengan hidung besar dan mata melotot, patung babi tanah liat yang mengingatkan orang pada piggy villains dari serial gim Angry Birds, serta tongkat emas dengan simbol misterius di atasnya.

Gaya aneh seperti itu melampaui gagasan normal orang-orang tentang peradaban tradisional Tiongkok, sementara artefaknya juga berbicara banyak tentang keragaman dan sejarahnya yang mengakar.