Mudik Lewat Jalur Pansela? Sempatkan ke Berbagai Tempat Wisata Ini

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 29 April 2022 | 09:00 WIB
Pantai Karang Teraje, Sawarna. (Zika Zakiya)

Nationalgeographic.co.id —Cuti bersama menjelang lebaran dimulai pada 29 April 2022, tetapi sejak hari ini banyak orang yang sudah mudik. Dari arah Jakarta, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono bahkan melaporkan, Rabu 27 April ada peningkatan kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Kawasan utara menjadi jalur yang dipilih banyak pemudik karena memiliki jalan tol yang menghubungkan kota-kota. Akibat dari peningkatan kendaraan, Polri memberlakukan ganjil-genap di tujuh gerbang tol, seperti Gerbang Tol Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Pusat, dan Cibatu.

Sementara, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menghadirkan Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) sebagai jalur alternatif mudik. 

"Bagus jalanannya, pemandangannya bagus, jadi dari Bandung, Sukabumi, langsung bablas ke Pacitan, dari Banten ke Bayah lewat semua itu, nyaman, aman, serta instagramable," ujar Mentri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, dikutip dari CNN Indonesia. Ia mengklaim Jalur Pansela aman dan nyaman untuk dilewati, serta ada banyak pemandangan yang bisa dinikmati.

Berikut adalah kawasan menarik di sekitar Pansela yang bisa Anda kunjungi di sela-sela pulang kampung.

1. Pantai Sawarna

Di kawasan Desa Wisata Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten, ada banyak pantai yang bisa Anda kunjungi seperti Pantai Karang Bereum, Pantai Legon Pari, Pantai Karang Taraje, Pantai Tanjung Layar, dan Pantai Pasir Putih.

Membuka hari di Sawarna dengan menikmati matahari terbit di sekitar Pantai Legon Pari. Kawasan wisata Sawarna dilewati oleh jalur Lintas Selatan (Pansela). (Rr. Ukirsari Manggalani/National Geographic Traveler)

Jika Anda melewati tempat ini, jangan lupa untuk mendatangi Pantai Karang Taraje. Pantai ini memiliki batuan karang menjulang, yang ketika laut sedang pasang, ombak akan mengguyuri batuan sehingga terlihat ada air terjun. Ketika air sedang surut, Anda bisa menaiki batuan karang tersebut dan melihat keindahan Samudra Selatan.

Sedangkan yang menjadi ikonik di Pantai Sawarna adalah Pantai Tanjung Layar. Ada dua batu besar kembar yang dikelilingi bebatuan. Ketika air sedang surut, Anda bisa mendekati kedua batu besar itu.

2. Geopark Ciletuh

Masih di kawasan yang tidak jauh dari Jakarta, Geopark Ciletuh di Sukabumi bisa Anda sambangi dengan empat jam perjalanan. Kawasan ini merupakan wilayah terpadu dalam perlindungan dan pengunaan warisan geologis yang diakui UNESCO tahun 2015.

Ada banyak tempat wisata di sekitar Geopark Ciletuh, dan yang pertama kali jika Anda datangi dari Jalur Pansela adalah Puncak Darma. Di Puncak Darma, Anda bisa melihat Teluk Ciletuh dari ketinggian. 

Air Terjun Cimarinjung, Geopark Ciletuh, Sukabumi. (Dok. Shutterstock)