Tidak Membusuk setelah Meninggal, Apakah Alexander Agung itu Dewa?

By Sysilia Tanhati, Minggu, 1 Mei 2022 | 16:56 WIB
Alexander Agung tidak pernah terkalahkan dalam pertempuran dan dianggap sebagai komandan perang terhebat sepanjang masa. ( Museo Archeologico Nazionale - Naples )

Nationalgeographic.co.id - Ketika Alexander Agung meninggal di Babel pada 323 SM, tubuhnya tidak menunjukkan tanda-tanda pembusukan selama enam hari penuh.

Bagi orang Yunani kuno, ini menegaskan apa yang mereka pikirkan tentang raja muda Makedonia, dan apa yang diyakini Alexander tentang dirinya sendiri. “Bagi mereka, jenazah yang tidak membusuk ini menunjukkan bahwa ia bukan manusia biasa, melainkan dewa,” ungkap Sarah Pruitt dilansir dari laman History.

Baru berusia 32 tahun, ia telah menaklukkan sebuah kerajaan yang terbentang dari Balkan hingga Pakistan modern. Ketika bersiap untuk melakukan invasi lain, ia jatuh sakit dan meninggal setelah 12 hari penderitaan yang menyiksa. Alih-alih meninggal di medan pertempuran, penyakitlah yang menyebabkannya mati muda.

Sejak itu, sejarawan telah memperdebatkan penyebab kematiannya. Mereka melontarkan segala macam penyebab mulai dari malaria, tipus, dan keracunan alkohol. Termasuk pembunuhan oleh salah satu saingannya.

Menurut Plutarch, 14 hari sebelum kematiannya, Alexander menjamu laksamana armada Nearcus dan temannya Medius dari Larissa. “Setelah perjamuan itu, ia demam dan tidak pernah sembuh,” tutur Conny Water seperti yang dilansir di laman Ancient Pages.

Benarkah Alexander Agung merupakan titisan dewa, dilihat dari jasadnya yang tidak membusuk?

Seorang peneliti mengungkapkan teori baru yang mengejutkan. Ia menunjukkan bahwa Alexander mungkin menderita gangguan neurologis Guillain-Barré Syndrome (GBS), yang menyebabkan kematiannya.

Lalu mengapa tubuhnya tidak membusuk? Menurutnya, tidak ditemukan tanda-tanda pembusukan langsung karena satu alasan sederhana. “Alexander belum mati,” ungkap Katherine Hall, dosen senior di Universitas Otago, Selandia Baru.

Ia mengungkapkannya dalam sebuah artikel yang diterbitkan di The Ancient History Bulletin. Menurutnya, sebagian besar teori penyebab kematian Alexander berfokus pada demam yang menyiksa dan sakit perut yang dideritanya pada hari-hari sebelum meninggal.

Faktanya, Alexander Agung juga diketahui mengalami beberapa gejala kelumpuhan. Dan meskipun dalam keadaan sangat sakit, dia tetap mengendalikan kemampuan mentalnya sampai sebelum kematiannya.

Hall berpendapat bahwa GBS dapat menjelaskan kombinasi gejala ini lebih baik daripada teori lain yang dikemukakan untuk kematian Alexander. Ini adalah gangguan autoimun yang jarang tetapi serius di mana sistem kekebalan menyerang sel-sel sehat dalam sistem saraf.

Hall percaya Alexander mungkin telah tertular gangguan dari infeksi Campylobacter pylori, bakteri umum pada saat itu. “Alexander kemungkinan mendapat varian GBS yang menyebabkan kelumpuhan tanpa menyebabkan kebingungan atau ketidaksadaran,” tambahnya.