Mencengangkan! Ini Jumlah Anak Zeus, Dewa Paling Berkuasa di Olimpus

By Sysilia Tanhati, Jumat, 6 Mei 2022 | 14:00 WIB
Kekuasaannya membuat Zeus dapat dengan mudah melakukan apa saja sesuka hatinya. (travelspot/pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Dalam mitologi Yunani, Zeus adalah dewa langit dan guntur yang luar biasa dan sangat berkuasa. “Pemimpin di Gunung Olympus, Zeus memerintah semua dewa lainnya,” Laura Hayward menuturkan di laman The Collector.

Kekuasaan tertinggi ini memberinya kebebasan untuk berperilaku sesuka hatinya, kapan pun dia mau. Zeus terkenal akan hasratnya pada wanita. Sebagai dewa tertinggi, tidak sulit untuk berpindah dari satu  hubungan cinta ke hubungan cinta lainnya.

Maka tidak heran jika ia menjadi ayah dari banyak anak sepanjang hidupnya yang panjang. Beberapa anak diperolehnya dari hubungan dengan dewi Yunani dan lainnya dengan manusia biasa. Dari hubungan-hubungan cinta itu, berapa banyak anak yang dimiliki oleh Zeus?

Catatan bervariasi, tapi Zeus diperkirakan memiliki 92 anak

Seperti banyak karakter Yunani kuno, cerita yang berbeda selama berabad-abad menyajikan berbagai cerita tentang kehidupan Zeus. Tetapi beberapa cendekiawan meneliti kisahnya dan mencoba menemukan bukti untuk mengungkapkan jumlah pasti anak yang mungkin dimiliki Zeus.

Penelitian ekstensif menunjukkan bahwa dia mungkin telah menjadi ayah dari 92 anak yang berbeda. “Ini merupakan suatu prestasi, bahkan untuk pemimpin para dewa-dewi Yunani kuno,” ungkap Hayward.

Setidaknya ada 41 anak Zeus yang memiliki keabadian

Sebagian besar hubungan cinta Zeus yang diketahui adalah dengan para dewi yang memiliki keabadian. Ini berarti anak-anak mereka mewarisi kekuatan dari orang tuanya.

Cerita menunjukkan setidaknya 41 anak Zeus adalah dewa atau dewi. Mereka dianugerahi kekuatan yang diwarisi dari orang tuanya keluarga.

Putri yang paling terkenal termasuk Afrodit, dewi cinta, Athena, dewi perang, serta Persefone, dewi musim semi.

Putra-putra Zeus yang terkenal juga banyak. Anda tentu mengenal Apollo, dewa matahari, cahaya, musik dan puisi, Ares, dewa perang, dan Hermes, utusan para dewa.

Kharites, 9 Musai, Horai serta Morai termasuk anak-anak Zeus yang memiliki keabadian dan dikaruniai kekuatan dari kedua orang tuanya.