Menemukan Peran Penting Estrogen yang Misterius dalam Kehamilan

By Wawan Setiawan, Sabtu, 7 Mei 2022 | 11:00 WIB
Para ilmuwan mengidentifikasi, untuk pertama kalinya, fungsi salah satu hormon yang paling melimpah dalam kehamilan. (Stock image)

Nationalgeographic.co.id - Selama beberapa dekade, para ilmuwan berasumsi bahwa ovarium saja yang menghasilkan hormon steroid selama kehamilan. Namun, dalam sebuah studi baru pada tikus, para peneliti menunjukkan bahwa begitu embrio menempel pada dinding rahim, rahim itu sendiri sebenarnya mensintesis estrogen yang dibutuhkan untuk mempertahankan kehamilan.

Untuk waktu yang lama, ahli endokrinologi reproduksi telah mengamati peningkatan kadar estrogen selama kehamilan, tetapi mereka tidak tahu apa yang dilakukan oleh semua estrogen itu.

Estrogen-estron (E1), estradiol (E2), estriol (E3), disintesis terutama di ovarium dan merupakan hormon steroid yang penting untuk perkembangan karakteristik dan reproduksi seks wanita. Selama kehamilan, kadar E3 meningkat secara tiba-tiba. Sampai sekarang, para ilmuwan tidak tahu apa yang dilakukan hormon ini atau mengapa kadarnya meningkat seperti yang mereka lakukan.

Namun kini, berkat penemuan yang dilakukan oleh Universitas Yale, para ilmuwan menemukan peran Estrogen yang misterius ini. Untuk pertama kalinya, mereka menemukan bahwa estriol memainkan peran penting dalam membentuk masa depan keturunan.

“Manusia dan beberapa primata lainnya mengembangkan jalur kompleks produksi estriol yang tidak terlihat pada kebanyakan hewan. Itu dibuat khusus pada kehamilan untuk fungsi tertentu yang tidak diketahui siapa pun sampai sekarang,” kata Hugh S. Taylor, Department of Obstetrics, Gynecology and Reproductive Sciences, Yale School of Medicine, Yale University, seperti yang dilaporkan Tech Explorist.

Ketidakseimbangan estrogen dapat menyebabkan berbagai gejala dan masalah kesehatan, termasuk gejala pramenstruasi, masalah menstruasi, endometriosis, infertilitas, sakit kepala, dan kelelahan. (Dr. Becky Campbell)

Untuk lebih memahami peran E3 ini, para ilmuwan memperlakukan tikus hamil, yang tidak secara alami menghasilkan hormon, dengan estriol. Mereka kemudian mengamati bagaimana pemberiannya berdampak pada otak dan rahim keturunannya.

Pemberian E3 tersebut telah terbukti meningkatkan angka kehamilan, ukuran serasah, keberhasilan kehamilan, dan struktur rahim. Keturunan juga menunjukkan lebih sedikit kecemasan dan perilaku eksplorasi yang lebih besar.

Para ilmuwan kemudian mencari perubahan ekspresi gen ketika bayi tikus menjadi dewasa untuk menjelaskan perbaikan. Sebagai hasil dari prosedur tersebut, keturunan generasi tersebut mengungkapkan banyak gen yang diekspresikan secara berbeda.

“Tikus-tikus ini terpapar sebagai janin ketika ibu mereka hamil. Kami melihat perubahan permanen dalam ekspresi gen yang bertahan lama setelah paparan dilakukan,” tutur Taylor.

Mekanisme bagaimana estriol menyebabkan perubahan epigenetik juga ditemukan dalam penelitian ini. Tidak seperti estradiol, pengikatan estriol ke reseptor estrogen pada protein mengubah struktur estriol, sehingga memungkinkannya mengikat pengubah epigenetik. Ini memodifikasi pengikatannya ke gen target. Ini secara paradoks merupakan estrogen yang sangat kuat ketika seseorang melihat aksi estrogen baru ini.

 Baca Juga: Siapa yang Paling Cepat Masa Kehamilannya dalam Kelas Mamalia?