Hiburan Rakyat Sebagai Siasat Tuan Tanah Mengail Hati Rakyat Subang

By Galih Pranata, Kamis, 12 Mei 2022 | 14:57 WIB
Grup kesenian Ronggeng (sekitar 1870). (Woodbury & Page/Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id—Kejenuhan menjadi faktor utama yang melanda para pekerja perkebunan. Bukan hanya pekerjanya, para tuan tanah onderneming juga butuh hiburan untuk menyambut tamu kehormatan.

Gagasan menyelenggarakan hiburan terlintas dibenak tuan tanah di lahan perkebunan super luas, Pamanoekan & Tjiasemlanden (P en T Lands) sebagai hiburan untuk rakyat Subang dan tamu kehormatan yang akan singgah ke sana.

Iim Imadudin menulis dalam jurnal Patanjala yang berjudul Dampak Kapitalisme Perkebunan Terhadap Perubahan Kebudayaan Masyarakat di Kawasan Subang 1920-1930 yang dipublikasi pada tahun 2014.

Bagi tuan tanah, mereka memiliki sarana hiburan tersendiri. Ialah Gedung societeit yang dibangun pada masa PW. Hofland yang menjadi tempat bersosialisasi sekaligus hiburan dengan adanya dansa, nyanyian, permainan biliar, dan sebagainya.

Bagi para pekerja dan karyawan onderneming—notabene kebanyakan rakyat Subang yang bekerja untuk perkebunan Belanda—disiapkan hiburan mulai dari selepas jam kerja hingga malam hari.

Pihak perkebunan P en T menggelar hiburan rakyat bagi orang-orang Sunda (een Soendaneesch volksvermaak) dengan mengundang ledek atau hiburan lainnya. Kesenian ini biasanya didatangkan hanya sekali dalam seminggu atau waktu-waktu tertentu.

Di sisi lain, Imadudin menyebutkan bahwa penyelenggaraan hiburan adalah salah satu cara bagi "para administratur yang berupaya membangun citra baik di kalangan masyarakat."

"Hiburan yang didatangkan dari luar lebih merupakan bentuk belas kasih terhadap buruh," lanjutnya lagi.

Dalam kisah perjalanan Jan ten Brink yang ditulis dalam buku berjudul Drie Reisschetsen (1894), diceritakan bahwa para tamu yang datang ke tanah P en T Lands disambut dengan kemeriahan berupa alunan gamelan dan tarian-tarian.

Penari Ronggeng Gunung. (Ajis Nurrahmat/Wikimedia Commons)

Biasanya para nayaga (para penabuh gamelan) menggelar tikar sebagai alas tempat duduknya. Gelapnya malam diterangi oleh colen, yaitu sejenis obor yang berasal dari bahan bambu.

Sebagai alat musik pengiringnya dipergunakan ketuk, kecrek, kendang, rebab, dan goong kecil. Musiknya yang riang mengundang hasrat buruh perkebunan P en T Lands untuk datang dan ikut menari.