Foto 'Pintu' di Mars Diungkap oleh NASA, Apakah Ini Pintu Alien?

By Sysilia Tanhati, Minggu, 15 Mei 2022 | 14:00 WIB
Apa yang tampak seperti pintu sebenarnya adalah bukaan dangkal di batu yang hampir pasti disebabkan oleh kekuatan alam. (NASA/JPL-Caltech/MSSS )

Nationalgeographic.co.id - Misteri Mars selalu menarik perhatian manusia sejak lama. Belum lama ini, sebuah foto menggemparkan dari penjelajah Curiosity NASA muncul. Foto itu menunjukkan sebuah pintu di Mars.

Sebagian orang berspekulasi jika itu adalah pintu yang dilalui oleh alien. Benarkah spekulasi itu?

Tidak, ini bukan pintu bagi alien. Para ahli cukup yakin itu hanya fitur alami dari lanskap Mars.

"Ini adalah gambar yang sangat aneh," kata ahli geologi Inggris Neil Hodgson, yang telah mempelajari geologi Mars. "Tapi singkatnya—itu tampak seperti erosi alami bagi saya."

Curiosity mengambil gambar dengan Mastcam pada 7 Mei 2022 dan segera dirilis oleh NASA.

Beberapa gambar berwarna telah dibuat dari yang asli hitam-putih, termasuk panorama yang dibuat dengan menggabungkan beberapa foto Curiosity.

“Beberapa petunjuk memperjelas bahwa subjek gambar bukanlah pintu yang sebenarnya,” tutur Tom Metcalfe dilansir dari laman Live Science.

Sebagai permulaan, tingginya kurang dari 1 meter, menurut ahli geologi planet Nicholas Mangold dari Universitas Nantes di Prancis. “Atau ini menunjukkan bahwa alien atau penghuni Mars itu kecil,” tambahnya lagi.

Apa yang tampak seperti pintu sebenarnya adalah bukaan dangkal di batu yang hampir pasti disebabkan oleh kekuatan alam, kata para ahli.

Mars mengikis

Hodgson, wakil presiden di perusahaan geosains Searcher, berpendapat bahwa pintu itu terbentuk oleh erosi.

Lapisan batuan yang disebut strata dapat dilihat di atas batu, menukik di sebelah kiri dan lebih tinggi di sebelah kanan. "Ini adalah lapisan lumpur, dengan lapisan pasir yang lebih keras yang menonjol," tambahnya lagi.