Adakah Dunia Tersembunyi dalam Lubang Raksasa yang Ditemukan di Cina?

By Wawan Setiawan, Minggu, 15 Mei 2022 | 15:00 WIB
Lubang karst raksasa ini, juga disebut tiankeng, memiliki tanaman yang tumbuh di dasarnya di Desa Luoquanyan, Kabupaten Xuan'en, Provinsi Hubei, Tiongkok tengah. Tetapi, ini bukan lubang yang baru ditemukan di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang. (Song Wen/Xinhua/Alamy Live News)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah tim ilmuwan Cina telah menemukan lubang raksasa baru dengan hutan di dasarnya. Sinkhole itu sedalam 192 meter, menurut kantor berita Xinhua, cukup dalam untuk menelan St. Louis Gateway Arch.

Sebuah tim speleologist dan spelunkers meluncur ke sinkhole itu pada hari Jumat (6 Mei), mereka menemukan bahwa ada tiga pintu masuk gua di jurang, serta pohon-pohon kuno setinggi 40 meter, merentangkan cabang-cabangnya ke arah sinar matahari yang menyaring pintu masuk sinkhole.

"Ini adalah berita keren," kata George Veni, direktur eksekutif National Cave and Karst Research Institute (NCKRI) di AS, dan pakar gua internasional. Veni tidak terlibat dalam penjelajahan gua, tetapi organisasi yang dulunya adalah Institut Geologi Karst dari Survei Geologi Cina, adalah lembaga saudara NCKRI.

“Penemuan ini tidak mengejutkan,” kata Veni, “karena Cina selatan adalah rumah bagi topografi karst, lanskap yang rentan terhadap sinkhole yang dramatis dan gua-gua dunia lain. Bentang alam karst terbentuk terutama oleh pembubaran batuan dasar,” imbuhnya. Air hujan, yang sedikit asam, mengambil karbon dioksida saat mengalir melalui tanah, menjadi lebih asam. Kemudian menetes, mengalir deras dan mengalir melalui celah-celah di batuan dasar, perlahan-lahan melebarkannya menjadi terowongan dan rongga. Seiring waktu, jika ruang gua menjadi cukup besar, langit-langit secara bertahap dapat runtuh, membuka lubang besar.

"Karena perbedaan lokal dalam geologi, iklim dan faktor lainnya, cara karst muncul di permukaan bisa sangat berbeda," tutur Veni. "Jadi di Cina Anda memiliki karst yang sangat spektakuler secara visual dengan lubang runtuhan yang sangat besar dan pintu masuk gua raksasa dan sebagainya. Di bagian lain dunia Anda berjalan keluar di karst dan Anda benar-benar tidak melihat apa-apa. Lubang runtuhan mungkin cukup tenang, hanya saja diameter satu atau dua meter. Pintu masuk gua mungkin sangat kecil, jadi Anda harus masuk ke dalamnya."

Gambar ini juga menunjukkan lubang pembuangan karst yang khas, disebut juga tiankeng. Lubang ini ditemukan di Chongqing, Cina. (Eastimages/Getty Images)

Faktanya, 25 persen dari Amerika Serikat adalah karst atau pseudokarst, yang menampilkan gua-gua yang diukir oleh faktor-faktor selain pembubaran, seperti gunung berapi atau angin, kata Veni. Sekitar 20 persen dari daratan dunia terbuat dari salah satu dari dua lanskap kaya gua ini.

Penemuan baru itu terjadi di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, dekat desa Ping'e di daerah Leye, menurut Xinhua. Guangxi memang dikenal dengan formasi karstnya yang luar biasa, yang berkisar dari lubang runtuhan hingga pilar batu, bahkan jembatan alami dan telah mendapatkan penetapan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada wilayah tersebut.

 Baca Juga: Susuri Peradaban Purba di Karst Rammang-Rammang dan Leang-Leang

 Baca Juga: Keajaiban Alam, Sinkhole di Tiongkok Menyimpan Gua Bawah Tanah Raksasa

 Baca Juga: Temuan Reruntuhan di Nanzuo Berikan Petunjuk Awal Peradaban Tiongkok

“Bagian dalam sinkhole memiliki panjang 306 meter dan lebar 150 meter,” kata Zhang Yuanhai, seorang insinyur senior di Institut Geologi Karst, kepada Xinhua. Kata Mandarin untuk sinkhole yang begitu besar adalah "tiankeng," atau "lubang surgawi", dan dasar sinkhole itu memang tampak seperti dunia lain.