Ilmuwan Pelajari Mekanisme Terbang Capung Saat Melawan Efek Gravitasi

By Wawan Setiawan, Minggu, 22 Mei 2022 | 08:00 WIB
Capung menggunakan penglihatan, kontrol sayap yang halus untuk dapat terbang dengan benar. (Florin Chelaru / Flickr)

Nationalgeographic.co.id - Dengan tubuh yang membentang, lebar sayap yang sangat besar, dan corak tubuh yang berwarna-warni, capung adalah pemandangan yang unik. Akan tetapi orisinalitas mereka tidak berakhir dengan penampilan mereka saja, melainkan sebagai salah satu spesies serangga tertua di planet ini, mereka adalah inovator awal penerbangan udara.

Kini, sebuah kelompok yang dipimpin oleh Jane Wang, profesor teknik mesin dan fisika di College of Arts and Sciences, telah menguraikan fisika rumit dan kontrol saraf yang memungkinkan capung dapat memperbaiki diri mereka saat mereka jatuh.

Penelitian tersebut mengungkapkan rantai mekanisme yang dimulai dengan mata capung—kelimanya—dan berlanjut melalui otot juga jarak sayapnya.

Hasil penelitian itu sendiri telah diterbitkan pada 12 Mei 2022 di jurnal Science dengan mengambil judul "Recovery Mechanisms in the Dragonfly Righting Reflex". Wang ikut menulis makalah ini dengan James Melfi, Ph.D. '15, dan Anthony Leonardo dari Howard Hughes Medical Institute (HHMI) di Ashburn, Virginia.

Selama dua dekade, Wang telah menggunakan pemodelan matematika yang kompleks untuk memahami mekanisme penerbangan serangga. Bagi Wang, fisika sama pentingnya dengan genetika dalam menjelaskan evolusi organisme hidup.

"Serangga adalah spesies yang paling melimpah dan yang pertama menemukan penerbangan udara. Dan capung adalah beberapa serangga paling kuno," kata Wang. "Mencoba melihat bagaimana mereka mengatur diri mereka sendiri di udara akan memberi kita wawasan tentang asal usul penerbangan dan bagaimana hewan mengembangkan sirkuit saraf untuk menyeimbangkan di udara dan menavigasi melalui ruang."

Proyek ini dimulai beberapa tahun yang lalu ketika Wang menjadi ilmuwan tamu di Kampus Penelitian Janelia HHMI, di mana kolaboratornya Leonardo adalah pelacak capung 3D di arena besar. Wang terinspirasi untuk meneliti mereka lebih dekat.

"Ketika kami melihat perilaku terbang mereka, kami secara bersamaan kagum dan frustrasi," katanya. "Lintasannya rumit dan tidak dapat diprediksi. Capung terus-menerus melakukan manuver, tanpa mengikuti arah yang jelas. Ini misterius."

Serangkaian gambar ini, yang ditangkap oleh tiga kamera video berkecepatan tinggi yang merekam pada 4.000 bingkai per detik, melacak capung saat dilepaskan secara terbalik dari tambatan magnet dan berputar 180 derajat untuk menyesuaikan dirinya saat terjatuh. (Jane Wang)

Wang dan Melfi menemukan bahwa dengan melepaskan capung dengan hati-hati tanpa kontak kaki, manuver serangga yang membingungkan sebenarnya mengikuti pola gerakan yang sama, yang dapat ditangkap oleh para peneliti dengan tiga kamera video berkecepatan tinggi yang merekam pada 4.000 frame per detik. Penanda diletakkan di sayap dan tubuh capung, dan gerakannya direkonstruksi melalui perangkat lunak pelacakan 3D.

Kemudian datang bagian yang paling menantang: mencoba memahami gerakannya. Para peneliti harus mempertimbangkan banyak faktor—mulai dari aerodinamika yang tidak stabil dari interaksi sayap dan udara hingga cara tubuh capung merespons kepakan sayapnya. Ada juga kekuatan kegigihan yang pada akhirnya harus dihadapi oleh semua makhluk dunia, yaitu gravitasi.

 Baca Juga: Unik! Hindari Perilaku Seksual Pejantan, Capung Betina Pura-pura Mati