Panas Matahari Mungkin Penyebab Badai Debu Besar-besaran di Mars

By Wawan Setiawan, Jumat, 27 Mei 2022 | 10:00 WIB
Badai debu Mars terlihat dari orbit oleh Mars Reconnaissance Orbiter NASA pada 2007. (NASA/JPL–Caltech/MSSS)

Nationalgeographic.co.id—Ketidakseimbangan musiman dalam jumlah energi matahari yang diserap dan dilepaskan oleh planet Mars kemungkinan menjadi penyebab terjadinya badai debu yang telah lama menggelitik para pengamat, lapor tim peneliti.

Ketidakseimbangan ekstrim Mars dalam anggaran energi (istilah yang mengacu pada pengukuran energi matahari yang diambil planet dari matahari kemudian dilepaskan sebagai panas) didokumentasikan oleh peneliti dari University of Houston Liming Li, profesor fisika; Xun Jiang, profesor ilmu atmosfer; dan Ellen Creecy, mahasiswa doktoral dan penulis utama artikel yang terbit di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) pada 16 Mei 2022 berjudul Mars’ emitted energy and seasonal energy imbalance.

“Salah satu temuan kami yang paling menarik adalah bahwa kelebihan energi—lebih banyak energi yang diserap daripada yang dipancarkan—bisa menjadi salah satu mekanisme pembangkit badai debu Mars. Memahami bagaimana ini bekerja di Mars mungkin memberikan petunjuk tentang peran anggaran energi Bumi. Planet ini menerima perkembangan badai yang parah, termasuk angin topan, seperti di planet kita sendiri," kata Creecy, seperti yang dilaporkan Tech Explorist.

Atmosfer yang tipis dan orbit yang sangat elips membuat Mars sangat rentan terhadap perbedaan suhu yang lebar. Planet ini menyerap panas matahari dalam jumlah ekstrem ketika orbitnya mendekati matahari di musim perihelion (musim semi dan musim panas untuk belahan bumi selatan Mars). Pada musim yang menjadi bagian ekstrem dari orbitnya ini muncullah badai debu Mars.

Karena orbitnya membawa Mars lebih jauh dari matahari, maka lebih sedikit energi matahari yang diserap oleh planet ini. Fenomena yang sama juga terjadi di Bumi, tetapi para peneliti menemukan hal itu sangat ekstrem di Mars.

Sementara itu di Bumi, ketidakseimbangan energi dapat diukur menurut musim dan tahun, dan mereka memainkan peran penting dalam pemanasan global juga perubahan iklim kita.

Ketidakseimbangan musiman antara energi matahari yang diserap dan dilepaskan oleh planet Mars bisa menjadi penyebab badai debu Planet Merah, menurut penelitian baru. (Mark Garlick/Science Photo Library Via Getty Images)

Dalam proyek terpisah, Creecy dan rekan-rekannya memeriksa apakah ketidakseimbangan energi di Mars juga ada dalam skala waktu yang lebih lama, dan jika hal itu terjadi, apa implikasinya terhadap perubahan iklim di planet ini. "Mars bukanlah planet yang memiliki mekanisme penyimpanan energi nyata apa pun, seperti yang kita miliki di Bumi. Lautan kita yang luas, misalnya, membantu menyeimbangkan sistem iklim," tutur Creecy.

Namun, Mars memiliki tanda-tanda bahwa lautan, danau, dan sungai pernah berlimpah. Jadi apa yang terjadi? Fakta-faktanya tidak jelas, mengapa atau kapan planet ini mengering menjadi bola panas dan berdebu dengan banyak oksida besi—karat. Sampai-sampai berwarna kecokelatan yang mengilhami pengamat dari berabad-abad lalu untuk menyebutnya sebagai Planet Merah.

  

Baca Juga: Ilmuwan Mempelajari Bagaimana Jenis Aurora Dapat Terbentuk di Mars

Baca Juga: Studi Baru Singkap Sirkulasi Air Terbatas di Akhir Sejarah Mars