Metode Baru: Menentukan Apakah Dinosaurus Berdarah Panas atau Dingin?

By Wawan Setiawan, Sabtu, 28 Mei 2022 | 12:00 WIB
Meskipun nenek moyang semua dinosaurus kemungkinan berdarah panas, hanya beberapa garis keturunan dinosaurus, seperti T. rex dan tyrannosaurus lainnya, yang mempertahankan metabolisme energi tinggi itu. (Roger Harris/SPL)

Nationalgeographic.co.id - Selama beberapa dekade, ahli paleontologi telah memperdebatkan apakah dinosaurus berdarah panas, seperti mamalia dan burung modern, atau berdarah dingin, seperti reptil modern? Mengetahui apakah dinosaurus berdarah panas atau dingin dapat memberi kita petunjuk tentang seberapa aktif mereka dan seperti apa kehidupan sehari-hari mereka, tetapi metode untuk menentukan berdarah panas atau dingin mereka masih belum meyakinkan.

Namun dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan di jurnal Nature pada 25 Mei 2022 berjudul "Fossil biomolecules reveal an avian metabolism in the ancestral dinosaur", para ilmuwan mengungkap metode baru untuk mempelajari tingkat metabolisme dinosaurus dengan menggunakan petunjuk di tulang mereka yang dapat menunjukkan berapa banyak individu hewan bernapas dalam jam terakhir kehidupan mereka.

"Ini sangat menarik bagi kami sebagai ahli paleontologi—pertanyaan apakah dinosaurus berdarah panas atau dingin adalah salah satu pertanyaan tertua dalam paleontologi, dan sekarang kami pikir kami memiliki konsensus, bahwa sebagian besar dinosaurus berdarah panas," kata Jasmina Wiemann, penulis utama makalah dan peneliti postdoctoral di California Institute of Technology.

"Proxy baru yang dikembangkan oleh Jasmina Wiemann memungkinkan kami untuk secara langsung menyimpulkan metabolisme pada organisme yang punah, sesuatu yang kami impikan beberapa tahun yang lalu. Kami juga menemukan tingkat metabolisme berbeda yang mencirikan kelompok yang berbeda, di mana sebelumnya disarankan berdasarkan metode lain, tetapi tidak pernah diuji secara langsung," kata Matteo Fabbri, seorang peneliti postdoctoral di Field Museum di Chicago dan salah satu penulis studi tersebut.

Hewan dengan tingkat metabolisme yang tinggi bersifat endotermik, atau berdarah panas; hewan berdarah panas seperti burung dan mamalia mengambil banyak oksigen dan harus membakar banyak kalori untuk menjaga suhu tubuh mereka dan tetap aktif. Sedangkan hewan berdarah dingin, atau ektotermik, seperti reptil bernapas lebih sedikit dan makan lebih sedikit. Gaya hidup mereka lebih murah daripada hewan berdarah panas, tetapi ada harganya: hewan berdarah dingin bergantung pada dunia luar untuk menjaga tubuh mereka pada suhu yang tepat untuk berfungsi (seperti kadal sering berjemur di bawah sinar matahari), dan mereka cenderung kurang aktif dibandingkan makhluk berdarah panas.

"Burung mewarisi tingkat metabolisme yang sangat tinggi dari nenek moyang dinosaurus mereka, yang cukup keren," tutur Wiemann, kepada Live Science.

Tampilan mikroskopis jaringan lunak yang diekstraksi dari tulang salah satu spesimen dinosaurus (Allosaurus) yang diselidiki untuk sinyal metabolismenya. (Jasmina Wiemann)

"Metabolisme adalah seberapa efektif kita mengubah oksigen yang kita hirup menjadi energi kimia yang menjadi bahan bakar tubuh kita," kata Wiemann, yang turut berafiliasi dengan Universitas Yale dan Museum Sejarah Alam Los Angeles County.

Para ilmuwan telah mencoba mengumpulkan tingkat metabolisme dinosaurus dari analisis kimia dan osteohistologis tulang mereka. "Di masa lalu, orang telah melihat tulang dinosaurus dengan geokimia isotop yang pada dasarnya bekerja seperti paleo-termometer," kata Wiemann. Peneliti memeriksa mineral dalam fosil dan menentukan suhu berapa mineral itu akan terbentuk. “Pendekatan itu benar-benar revolusioner ketika keluar, dan itu terus memberikan wawasan yang sangat menarik tentang fisiologi hewan yang punah. Tapi kami telah menyadari bahwa kami belum benar-benar memahami bagaimana proses fosilisasi mengubah sinyal isotop yang kami ambil, jadi sulit untuk secara jelas membandingkan data dari fosil dengan hewan modern."

Metode lain untuk mempelajari metabolisme adalah laju pertumbuhan. "Jika Anda melihat penampang jaringan tulang dinosaurus, Anda dapat melihat serangkaian garis, seperti lingkaran pohon, yang sesuai dengan tahun pertumbuhan," kata Fabbri. "Anda dapat menghitung garis pertumbuhan dan jarak di antara mereka untuk melihat seberapa cepat dinosaurus tumbuh. Batas bergantung pada bagaimana Anda mengubah perkiraan tingkat pertumbuhan menjadi metabolisme: tumbuh lebih cepat atau lebih lambat dapat lebih berkaitan dengan tahap hewan dalam kehidupan daripada dengan metabolismenya, seperti bagaimana kita tumbuh lebih cepat saat kita muda dan lebih lambat saat kita tua."

 Baca Juga: Bagaimana Kecoak Bertahan Hidup dari Asteroid Pembunuh Dinosaurus?

 Baca Juga: Diambil dari Tulang Dinosaurus, Molekul Ini Berpotensi Jadi DNA Tertua