Wanita Jarang Terlibat Politik di Romawi, Metrodora Pengecualiannya

By Galih Pranata, Jumat, 27 Mei 2022 | 14:00 WIB
Wanita berbalut tunik ala Romawi Kuno. (Alexander Novikov/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Meskipun sangat jarang bagi wanita di Roma kuno untuk terlibat langsung dalam politik, Claudia Metrodora adalah salah satu pengecualiannya. Ia disebut sebagai wanita yang bertakhta bagi Romawi.

Sebuah fragmen prasasti yang ditemukan di Ephesus merangkum banyak kisah tentang wanita-wanita di Romawi-Yunani Kuno. Salah satu yang dikisahkan di sana ialah Metrodora. Ia merupakan putri angkat dari seorang pemimpin di Pulau Chios, Skytheinos.

"Ia juga jadi figur yang digambarkan sebagai wanita kaya raya, berkuasa dan punya pengaruh di masyarakat," tulis David Potter dalam buku Ancient Rome: The New History yang terbit pada 2018.

Menurut Potter, Claudia Metrodora merupakan wanita yang menjabat sebagai pelindung sipil bagi Romawi Timur. Ia berperan dalam sejumlah aktifitas kemasyarakatan di Pulau Chios—tempat ia berkuasa.

Pengaruhnya di Pulau Chios tak bisa dikesampingkan. Bahkan disebutkan dalam fragmen prasasti di Ephesus bahwa Claudia Metrodora punya pengaruh dan kendali yang luar biasa.

Chios mungkin berbeda dengan kawasan lainnya di Romawi. Di sana, Metrodora memainkan perannya sendiri sebagai orang kaya dan wanita berpengaruh, hingga ditunjuk sebagai pemimpin.

Roy Kearsley juga menyebut dalam Tyndale bulletin berjudul Women in Public Life in the Roman East: Iunia Theodora, Claudia Metrodora and Phoebe, Benefacttress of Paul (1999), bahwa Metdorora memanfaatkan kekayaannya untuk berderma.

"Dengan keuangannya sendiri, ia menyediakan makanan untuk umum di Pulau Chios, membangun pemandian umum, memegang jabatan sebagai gymnasiarch—pemimpin distrik Romawi," tulis Kearsley.

Metrodora memegang beberapa jabatan politik, termasuk dua kali diangkat sebagai stephanophoros, hakim tertinggi di Chios. Ia juga menjabat sebagai gymnasiarch di Chios sebanyak empat kali.

Reruntuhan Romawi di Pulau Chios, Yunani. (Chios Guide)

Kersley meneruskan, "ia juga menyediakan pasokan minyak untuk dikonsumsi publik bagi kehidupan mereka, serta dihormati sebagai basileiapemimpin wanita—di Liga Ionia." Pengaruhnya juga membentang dari Romawi Timur sampai dengan Yunani.

Dalam festival besar di Chios, Metrodora menjadi penyelenggara sekaligus ketua festivalnya dengan dukungan harta kekayaan yang ia miliki.