Senyawa Baru di Atmosfer Ini Pengaruhi Kesehatan Manusia dan Iklim

By Wawan Setiawan, Minggu, 29 Mei 2022 | 16:00 WIB
Kelas senyawa kimia super-reaktif yang sama sekali baru telah ditemukan di bawah kondisi atmosfer. (SciTechDaily)

Nationalgeographic.co.id - Untuk pertama kalinya, kelas senyawa kimia super-reaktif yang sama sekali baru telah ditemukan di bawah kondisi atmosfer. Para peneliti dari Universitas Kopenhagen, bekerja sama erat dengan rekan-rekan internasional, telah mendokumentasikan pembentukan apa yang disebut trioksida—senyawa kimia pengoksidasi yang sangat mungkin memengaruhi kesehatan manusia dan iklim global kita.

Senyawa kimia yang umum dikenal adalah hidrogen peroksida. Semua peroksida memiliki dua atom oksigen yang melekat satu sama lain, membuatnya sangat reaktif dan sering mudah terbakar dan meledak. Mereka digunakan untuk segala hal mulai dari memutihkan gigi dan rambut, hingga membersihkan luka dan bahkan sebagai bahan bakar roket. Namun peroksida juga ditemukan di udara sekitar kita.

Dalam beberapa tahun terakhir, ada spekulasi apakah trioksida—senyawa kimia dengan tiga atom oksigen yang terikat satu sama lain, dan dengan demikian bahkan lebih reaktif daripada peroksida —juga ditemukan di atmosfer. Namun hingga saat ini, hal itu tidak pernah terbukti secara pasti.

"Inilah yang sekarang telah kami capai," kata Profesor Henrik Grum Kjaergaard, di Departemen Kimia Universitas Kopenhagen. Kjaergaard adalah penulis senior studi tersebut, yang baru saja diterbitkan di jurnal Science pada 26 Mei 2022 dengan judul "Hydrotrioxide (ROOOH) formation in the atmosphere". "Jenis senyawa yang kami temukan unik dalam strukturnya. Dan, karena mereka sangat pengoksidasi, kemungkinan besar mereka membawa sejumlah efek yang belum kami temukan," lanjutnya.

Profesor Henrik Grum Kjaergaard di lab. (University of Copenhagen)

Hidrotrioksida (ROOOH), seperti yang diketahui, adalah kelas senyawa kimia yang benar-benar baru. Para peneliti di Universitas Kopenhagen (UCPH), bersama dengan rekan-rekan di Institut Leibniz untuk Penelitian Tropospheric (TROPOS) dan Institut Teknologi California (Caltech), telah menunjukkan bahwa senyawa ini terbentuk di bawah kondisi atmosfer.

Para peneliti juga telah menunjukkan bahwa hidrotrioksida terbentuk selama dekomposisi atmosfer dari beberapa zat yang dikenal dan dipancarkan secara luas, termasuk isoprena dan dimetil sulfida.

"Cukup signifikan bahwa kami sekarang dapat menunjukkannya melalui pengamatan langsung, di mana senyawa ini benar-benar terbentuk di atmosfer. Mereka secara mengejutkan stabil dan bahwa mereka terbentuk dari hampir semua senyawa kimia. Semua spekulasi sekarang harus dihentikan," kata Jing Chen, seorang mahasiswa PhD di Departemen Kimia dan penulis kedua studi tersebut, seperti yang dilaporkan SciTechDaily.

 Baca Juga: PBB Mau Semprot Bahan Kimia ke Atmosfer untuk Kurangi Suhu Global

 Baca Juga: Sains Terbaru, Perubahan Iklim Ubah Sumbu Bumi & Menipiskan Stratosfer

 Baca Juga: Foto Terbaru dari Antariksa Tunjukkan Dua Fenomena Menakjubkan di Atmosfer Bumi

Hidrotrioksida terbentuk dalam reaksi antara dua jenis radikal. Para peneliti memperkirakan bahwa hampir semua senyawa kimia akan membentuk hidrotrioksida di atmosfer dan memperkirakan bahwa rentang hidup mereka berkisar dari menit hingga jam. Hal ini membuat mereka cukup stabil untuk bereaksi dengan banyak senyawa atmosfer lainnya.