Mangkunegara VII: Andil Besarnya bagi Sepak Bola di Surakarta

By Galih Pranata, Senin, 30 Mei 2022 | 14:00 WIB
Gusti Nurul, putri dari Mangkunegara VII, tengah menendang bola dalam pembukaan pertandingan sepakbola di lapangan Pamedan. (Arsip Rekso Poestaka Mangkunegaran)

Nationalgeographic.co.id—Memang benar, Surakarta jadi salah satu kota yang paling nyentrik dan identik dengan olahraga. Hal itu dapat dilihat dari antusias rakyatnya dalam menyambut PON pertama di Indonesia.

Namun, dari sekian banyaknya cabang dan jenis olahraga, masyarakat Surakarta mayoritas lebih menggilai sepak bola. Ada pula sumber yang mengaitkan perkembangan sepak bola di Surakarta dengan sosok Mangkunegara VII.

Mangkunegara VII meletakkan legitimasi kekuasaannya pada segala bidang olahraga, tak terkecuali sepak bola. Hal itu dibuktikan dengan suatu mandat untuk memfasilitasi masyarakatnya.

"Pada tahun 1935 diperintahkan agar pada setiap onderdistrik disediakan paling sedikit satu lapangan yang cukup luas," tulis Yogi Renanto dalam skripsinya berjudul Pembangunan di Bidang Olahraga di Praja Mangkunegaran Masa Mangkunegara VII (1916-1944) yang terbit pada tahun 2010.

Penyediaan fasilitas lapangan yang cukup luas tidaklah lain untuk dapat menampung hasrat rakyat yang ingin bermain sepak bola. Tidak berhenti di situ, Mangkunegara VII sudah memikirkan pendirian suatu federasi dan pembentukan komunitas persepak bolaan profesional.

Lahirnya federasi sepak bola Hindia Belanda, membuat Mangkunegara VII ingin turut berpartisipasi di dalamnya. Ia berupaya mengembangkan para pemain yang handal ke dalam satu bond sepak bola.

Yogi menambahkan, "untuk mencari bibit-bibit pemain, diadakan piala bergilir Wedana untuk tingkat onderdistrik dan piala bergilir Bupati untuk daerah Kawedanan."

Selain karena adanya kompetisi-kompetisi sepak bola profesional, para pemain muda praja yang berbakat dapat bergabung ke dalam Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB). VVB merupakan persatuan pesepak bola profesional yang berbasis di Solo.

Bond ini pertama kali didirikan oleh Sastrosaksono dari klub Mars serta Raden Ngabehi Reksohadiprojo dan Sutarman dari klub Romeo. VVB akhirnya diresmikan pada 8 November 1923 yang dikemudian hari dikenal dengan klub PERSIS Solo.

Mangkunegara VII mengambil andil besar dalam perkembangan dan kemajuan sepak bola di Surakarta. Ia kerap juga menyelenggarakan event besar olahraga. Sebut saja Sportweek Olahraga Oktober 1935 yang diselenggarakan di Stadion Sriwedari.

Menurut Yogi, kala itu "biaya masuk untuk menyaksikan pertandingan di stadion Sriwedari adalah sebesar f.0,50 gulden untuk tribun, f.0,25 gulden untuk samping, dan f.0,15 untuk (penonton yang) berdiri."

Atraksi sepeda dalam rangka pembukaan PON pertama di Stadion Sriwedari, Solo sekitar tahun 1948. (KITLV)