Lima Sungai Terkenal di Dunia yang Biasa Dijadikan Tempat Berenang

By Utomo Priyambodo, Selasa, 31 Mei 2022 | 07:00 WIB
Berenang di Sungai Aare. (Ton Zijlstra/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Anda bisa berenang di sungai mana pun, tetapi Anda akan menjadi orang yang sangat bodoh jika berenang di sungai-sungai yang berbahaya. Banyak sungai yang di dalamnya terhadap binatang karnivora dan parasit mematikan serta arus air kuat yang mengalir cepat sehingga bisa menyeret dan menenggelamkan orang-orang yang tidak berpengalaman berenang di tempat-tempat seperti itu.

Untungnya, ada beberapa sungai di dunia yang bisa dijadikan tempat berenang yang nyaman dan aman. Bahkan ada beberapa sungai yang memang disarankan untuk menjadi tempat berenang.

Meski tidak semua bagian dari sungai-sungai ini bisa dijadikan tempat berenang dan tidak selamanya atau tidak di semua kondisi layak jadi tempat renang, berikut ini adalah daftar sungai-sungai terkenal di dunia yang menjadi rekomendasi tempat renang bagi Anda yang benar-benar mahir berenang, termasuk Sungai Aare di Swiss. Tempat-tempat ini bisa menjadi lokasi yang menyenangkan untuk berenang dan berenang terutama pada musim panas.

1. Sungai Rhein (Rhine River)

Dikutip dari Cheapflights, sungai yang terkenal ini mengalir melalui Swiss, Austria, Jerman, Prancis, dan Belanda. Bagian dari Sungai Rhein yang mengalir melalui Basel, Swiss, kerap menjadi tuan rumah kompetisi renang tahunan yang besar setiap bulan Agustus serta tur renang mingguan sepanjang musim panas.

Berenang di sungai Rhein. (Blue Bag Nomads)

2. Sungai Donau (Danube River)

Meskipun perenang maraton Martin Strel berenang sepanjang Sungai Donau sebagai protes atas pencemaran air, sebagian besar area sungai ini cukup bersih. Semakin dekat Anda dengan bagian sungai yang ada di Hutan Hitam (Black Forest) di Jerman, semakin baik airnya. Meski demikian, banyak orang masih menikmati berenang di Sungai Donau hingga sejauh bagian Novi Sad di Serbia.

3. Sungai Loire

Sungai terpanjang di Prancis ini mengalir melalui banyak tempat indah di tengah istana-istana lama dan perbukitan berumput, terutama Lembah Loire. Banyak bagian dari sungai ini dan anak-anak sungainya telah ditetapkan menjadi area berenang, seperti di Touraine. Namun di beberapa bagian lain, seperti di Amboise, arus air sungai ini terlalu berbahaya untuk para perenang.

Sungai Loire di Prancis. (Vermeer&Velazquez)