Koloni Tanaman Terbesar di Bumi, Usianya Bahkan Ribuan Tahun

By Wawan Setiawan, Jumat, 3 Juni 2022 | 15:00 WIB
Padang lamun Posidonia australis di Shark Bay, Australia Barat. Ilmuwan menemukan koloni tanaman terbesar yang diketahui di Bumi, ada yang berusia 4.500 tahun, menyebar hingga seluas 20.000 lapangan sepak bola. (Rachel Austin/UWA)

Nationalgeographic.co.id—Shark Bay, Australia Barat, adalah Kawasan Warisan Dunia yang didominasi oleh padang lamun beriklim sedang. Baru-baru ini, para ilmuwan dari University of Western Australia dan Flinders University telah menemukan koloni planet terbesar di Shark Bay.

Mereka menemukan lamun purba yang sangat tangguh, Posidonia australis, yang membentang hingga 180 kilometer dan diperkirakan berusia setidaknya 4.500 tahun.

Sekitar 4.500 tahun yang lalu, satu benih yang berasal dari dua spesies lamun yang berbeda menemukan dirinya terletak di tempat yang menguntungkan di suatu tempat di tempat yang sekarang dikenal sebagai Shark Bay, tak jauh dari pantai barat Australia.

Mereka dibiarkan sendiri dan relatif tidak terganggu oleh tangan manusia, para ilmuwan telah menemukan bahwa benih itu telah tumbuh menjadi apa yang sekarang diyakini sebagai ‘tanaman terbesar’ di manapun di Bumi, meliputi sekitar 200 km persegi (sekitar 20.000 lapangan sepak bola, atau lebih dari tiga kali ukuran pulau Manhattan).

“Proyek ini dimulai ketika para ilmuwan ingin memahami bagaimana keragaman genetik padang lamun di Shark Bay dan tanaman mana yang harus dikumpulkan untuk restorasi lamun,” kata Elizabeth Sinclair, ahli biologi evolusioner dari School of Biological Sciences UWA dan UWA Oceans Institute. “Kami sering ditanya berapa banyak tanaman berbeda yang tumbuh di padang lamun, dan kali ini kami menggunakan alat genetik untuk menjawabnya.”

Peneliti mahasiswa UWA Jane Edgeloe, penulis utama studi tersebut, mengatakan, "tim mengambil sampel pucuk lamun dari seluruh lingkungan variabel Shark Bay dan menghasilkan 'sidik jari' menggunakan 18.000 penanda genetik. Jawabannya mengejutkan kami—hanya ada satu! Hanya satu pabrik yang telah berkembang lebih dari 180 km di Shark Bay, menjadikannya pabrik terbesar yang diketahui di Bumi.”

Spesies Posidonia australis, juga dikenal sebagai gulma bola serat atau gulma pita. Tanaman ini umumnya ditemukan di sepanjang garis pantai selatan Australia.

Penyebaran tanaman dapat dilihat dalam pemandangan udara dari Shark Bay ini. (Angela Rossen)

Apa yang ditemukan oleh para peneliti ini sungguh mengejutkan. Tanaman yang sama telah menyebar menggunakan rimpang dengan cara yang sama seperti rumput dapat menyebar dari tepinya dengan mengirimkan pelari. Temuan mereka ini telah diterbitkan di jurnal Biological Sciences pada 1 Juni 2022 dengan judul Extensive polyploid clonality was a successful strategy for seagrass to expand into a newly submerged environment.

“Lapangan gulma pita seluas 200 km persegi yang ada tampaknya telah berkembang dari satu bibit yang berkoloni,” kata Edgeloe, seperti yang dilaporkan The Guardian. “Yang membuat tumbuhan lamun ini unik dari klon lamun besar lainnya, selain ukurannya yang sangat besar, adalah memiliki kromosom dua kali lebih banyak dari kerabatnya di lautan, artinya ia adalah poliploid.”

“Duplikasi seluruh genom melalui poliploidi atau menggandakan jumlah kromosom, terjadi ketika tanaman 'induk' diploid berhibridisasi. Bibit baru mengandung 100 persen genom dari masing-masing induk, daripada berbagi 50 persen seperti biasanya.”

Tanaman poliploid sering berada di tempat dengan kondisi lingkungan yang ekstrim, seringkali steril. Akan tetapi, ia dapat terus tumbuh jika dibiarkan tidak terganggu. Lamun raksasa ini telah melakukannya. Tumbuhan itu telah membentuk padang rumput besar dan lebat yang di beberapa daerah terbentang sejauh mata memandang ke segala arah. Gulma pita hanya sepanjang sepuluh sentimeter di beberapa tempat, tetapi hingga satu meter di tempat lainnya.