Dampak Perubahan Iklim: Spesies Serangga Pencinta Panas Kian Meningkat

By Wawan Setiawan, Minggu, 5 Juni 2022 | 09:00 WIB
Capung merah (Crocothemis erythraea) adalah salah satu penerima manfaat paling terkenal dari pemanasan global. Capung, paling umum di wilayah Mediterania, pertama kali muncul di Bavaria pada awal 1990-an dan sekarang tersebar luas. (E. K. Engelhardt / TUM)

Nationalgeographic.co.id - Data yang masih sedikit, seringkali membuat sulit untuk melacak bagaimana perubahan iklim memengaruhi populasi spesies serangga.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Technical University of Munich (TUM) dan German Center for Integrative Biodiversity Research (iDiv) kini telah mengevaluasi database pemetaan spesies secara luas yang diselenggarakan oleh Bavarian State Office for the Environment (LfU) dan menilai tren populasi kupu-kupu, capung, juga belalang di Bavaria sejak 1980. Temuan utama cukup mengejutkan: spesies yang menyukai panas kini terus meningkat.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan di jurnal Global Change Biology pada 10 Mei 2022 dengan judul "Consistent signals of a warming climate in occupancy changes of three insect taxa over 40 years in central Europe". Temuan ini semakin menambah data dari dampak yang ditimbulkan oleh perubahan iklim.

Perubahan iklim telah lama terjadi di Eropa tengah, dan bukan rahasia lagi bahwa hal itu memengaruhi populasi juga distribusi hewan dan tumbuhan. Terutama tren serangga menjadi penyebab keprihatinan yang berkembang, karena beberapa penelitian telah menunjukkan penurunannya.

Bagaimana populasi spesies serangga kita berubah selama beberapa dekade terakhir adalah pertanyaan yang dieksplorasi oleh Lab BioChange di TUM. “Bukan hanya iklim yang berubah, tetapi juga jenis dan intensitas penggunaan lahan. Ini termasuk pertanian, kehutanan, daerah perkotaan, dan infrastruktur transportasi,” kata Dr. Christian Hof, kepala kelompok penelitian BioChange di TUM.

Sementara perubahan flora dan fauna mungkin terdokumentasi dengan sangat baik di daerah tertentu atau untuk spesies tertentu, akan tetapi data untuk serangga dan yang paling penting selama periode waktu yang lama sangatlah jarang. Hal ini membuat sulit untuk menarik kesimpulan umum tentang perubahan populasi spesies serangga dan faktor-faktor yang mendorong perubahan keanekaragaman hayati.

Berkat upaya tak kenal lelah dari sukarelawan dan pengamat alam profesional, kami memiliki kumpulan data tentang kemunculan berbagai spesies berbeda di Jerman. Salah satu sumber daya yang sangat berguna adalah database pemetaan spesies (ASK) dari Bavarian State Office for the Environment. ASK adalah daftar spesies hewan dan tumbuhan di seluruh negara bagian di Bavaria dan saat ini memiliki sekitar 3,1 juta catatan spesies. Ini membentuk sumber data pusat untuk pekerjaan sehari-hari otoritas konservasi alam dan untuk kompilasi oleh LfU Daftar Merah spesies yang terancam.

Miramella alpina, 'Belalang Gunung Hijau', adalah spesies 'belalang bertanduk pendek' milik famili Acrididae subfamili Melanoplinae yang juga terkena dampak perubahan iklim. (Hectonichus / Wikipedia)

Dengan menggunakan metode statistik yang kompleks, para peneliti di TUM Chair of Terrestrial Ecology mengevaluasi data ASK yang berharga dan menganalisis tren populasi lebih dari 200 spesies serangga di Bavaria—sekitar 120 kupu-kupu, 50 Orthoptera, dan 60 capung. Bekerja sama dengan banyak ahli lain, mereka menunjukkan bahwa di semua kelompok serangga ini, ada peningkatan populasi spesies yang menyukai kehangatan dan penurunan spesies yang beradaptasi dengan suhu yang lebih dingin.

 Baca Juga: Perubahan Iklim dan Naiknya Suhu Kyoto Bikin Sakura Mekar Lebih Awal

 Baca Juga: Perubahan Iklim Saat Ini Telah Memengaruhi Evolusi Serangga Laut

 Baca Juga: Anatomi Hewan Berubah Karena Perubahan Iklim, Ini Kata Para Ahli