Libatkan 70 Perusahaan, Inggris Uji Coba Kerja Empat Hari Seminggu

By Utomo Priyambodo, Rabu, 8 Juni 2022 | 10:00 WIB
Ruang kerja terbuka di kantor. (monkeybusinessimages)

Nationalgeographic.co.id—Inggris telah memulai uji coba penerapan sistem kerja 4 hari dalam seminggu. Selama enam bulan ke depan, 70 perusahaan akan mengadopsi pola kerja baru ini.

Semua pekerja yang terlibat akan menerima 100 persen gaji mereka. Di sisi lain, mereka mendapat bonus tambahan satu hari libur, alias mendapat pengurangan jam kerja dari 5 hari menjadi 4 hari seminggu.

Skema ini diselenggarakan oleh para peneliti dari University of Oxford dan University of Cambridge ditambah kelompok Autonomy yang mengkampanyekan minggu kerja yang lebih pendek. Mereka yang berpartisipasi berharap perubahan jam ini akan meningkatkan produktivitas meskipun ada pengurangan jam kerja, sejalan dengan beberapa uji coba sebelumnya.

Eksperimen pola kerja baru di seantero wilayah Inggris ini akan mencakup sekitar 3.000 pekerja, yang dapat memiliki implikasi besar bagi perusahaan-perusahaan Inggris jika berhasil. Meski pola kerja 4 hari dalam seminggu bukanlah pola kerja untuk semua orang dan tidak mungkin diterapkan di beberapa industri tertentu, peningkatan produktivitas dan kebahagiaan karyawan tampak seperti solusi bersama untuk sebagian besar tempat kerja. Masih harus dilihat apakah para pengusaha akan menerima ide tersebut.

Sam Smith, salah satu pendiri Pressure Drop Brewery di Tottenham, London utara, mengatakan rasanya "saat yang tepat" bagi perusahaan untuk mencoba praktik kerja yang berbeda.

"Pandemi membuat kami banyak berpikir tentang pekerjaan dan bagaimana orang mengatur hidup mereka," ujarnya seperti dilansir BBC.

"Kami melakukan ini untuk meningkatkan kehidupan para staf kami dan menjadi bagian dari perubahan progresif di dunia yang akan meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan orang-orang."

Tantangan Smith selama skema percontohan cukup sederhana. Sembilan timnya yang kuat harus memproduksi dan mengemas bir dalam jumlah yang sama seperti yang mereka lakukan sekarang, tetapi dalam empat hari, bukan lima hari.

"Saya pikir ini tentang bagaimana Anda menggunakan waktu Anda," kata Smith. "Jadi, ketika saya berbicara tentang menjadi produktif, saya tidak bermaksud menjadi lebih cepat dalam tugas yang Anda lakukan sekarang, itu mungkin memanfaatkan waktu henti alami yang harus Anda persiapkan lebih baik untuk hari berikutnya."

Clare Doherty, yang membantu menjalankan kantor untuk firma tersebut, mengatakan uji coba itu "fantastis" dan bagian dari "perkembangan alami dari cara kami bekerja."

Dia menjelaskan bahwa telah bekerja dengan bisnis tersebut selama lebih dari empat tahun dan mengetahui bahwa dia dapat melakukan pekerjaannya telah membuatnya merasa yakin bahwa dia dapat menyelesaikan pekerjaannya secara efisien dengan waktu satu hari lebih sedikit.

Sementara itu, Craig Carmichael, yang bekerja di lantai toko, berpikir hari istirahat ekstra akan memotivasi dia untuk bekerja lebih keras.