Dari 200 Juta, Mengapa Hanya 1 Sperma yang Dapat Membuahi Sel Telur ?

By Ricky Jenihansen, Senin, 13 Juni 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi sperma yang berhasil mencapai sel telur. (Science Faction / Masterfile)

Nationalgeographic.co.id—Untuk membuahi 1 sel telur, maka dibutuhkan setidaknya 200 juta sel sperma. Penjelasan yang diketahui selama ini adalah karena sperma-sperma itu nanti akan menghadapi 'pengeboman' oleh sistem kekebalan tubuh. Sedikit di antaranya yang akan tersisa, tidak banyak yang kemudian akan bertahan dan berhasil membuahi sel telur tunggal dan menjadi janin.

Namun, hingga saat ini sebenarnya alasan mengapa harus ada 200 juta sperma untuk dapat membuahi sel telur belum benar-benar dipahami. Seperti misalnya apa yang membuat sperma yang membuahi sel telur itu dapat selamat dari pemusnahan masal di dinding rahim.

Sekarang para ilmuwan dari University of California sepertinya menemukan jawabannya. Antropolog molekuler Pascal Gagneux mengungkapkan bahwa ada semacam "jabat tangan rahasia" antara sperma dan sel-sel yang melapisi dinding rahim.

Temuan tersebut telah dilaporkan dalam Journal of Biological Chemistry dengan judul "The female reproductive tract contains multiple innate sialic acid-binding immunoglobulin-like lectins (Siglecs) that facilitate sperm survival" yang dapat diakses daring dan dapat diakses bebas.

Gagneux mengatakan, dibutuhkan banyak sperma agar beberapa bisa bertahan. Di sisi lain, mungkin ada manfaat untuk pemusnahan begitu banyak sperma.

"Bahwa semua kehidupan adalah satu kompromi besar. Terlalu mudah untuk membuahi itu buruk, terlalu sulit untuk membuahi juga buruk," kata Gagneux seperti dikutip eurekalert.

Ilustrasi sel sperma melewati uterus. (Shutterstock)

Gagneux menjelaskan, ada suatu reseptor yang dapat mengenali molekul glycan yang melapisi sperma. Ada kemungkinan bahwa interaksi ini dapat menyesuaikan respons imun wanita dan membantu sperma membuatnya melalui reaksi leukosit. Namun, reaksi leukosit tidak dipahami dengan baik.

Ia menjelaskan, bahwa setelah melewati leher rahim, jutaan sperma yang tiba di rahim dihadapkan dengan rentetan makrofag dan neutrofil. Hadangan tersebut merupakan serangan oleh sistem kekebalan tubuh perempuan yang dapat membunuh sebagian besar sel sperma dan membuatnya hanya tinggal beberapa ratus yang masuk ke saluran tuba.

"Apa yang kita ketahui, Gagneux menjelaskan, adalah bahwa "setelah melintasi serviks, jutaan sperma-sperma sejumlah populasi AS yang tiba di rahim dihadapkan pada rentetan makrofag dan neutrofil," kata Gagneux.

Respons defensif mungkin bermanfaat dalam mencegah polispermia, yaitu ketika sel telur dibuahi oleh lebih dari satu sperma dan tidak dapat berkembang.

Interaksi antara Glycan pada permukaan sperma dan reseptor pada endometrium. (American Society for Biochemistry and Molecular Biology)