'Gumpalan Biru' Misterius Mengungkapkan Sistem Bintang Jenis Baru

By Wawan Setiawan, Minggu, 19 Juni 2022 | 16:00 WIB
Astronom UArizona telah mengidentifikasi kelas baru sistem bintang. Kumpulan sebagian besar bintang biru muda terlihat di sini menggunakan Kamera Lanjutan Teleskop Luar Angkasa Hubble untuk Survei. (Michael Jones)

Nationalgeographic.co.id - Astronom Universitas Arizona telah mengidentifikasi lima contoh kelas baru sistem bintang. Mereka bukan galaksi dan hanya ada dalam isolasi.

Sistem bintang baru ini hanya berisi bintang biru muda, yang didistribusikan dalam pola yang tidak teratur dan tampaknya ada dalam keterasingan yang mengejutkan dari galaksi induk potensial mana pun.

Sistem bintang, yang menurut para astronom muncul melalui teleskop sebagai "gumpalan biru" dan seukuran galaksi kerdil kecil ini terletak di dalam gugus galaksi Virgo yang relatif dekat. Lima sistem dipisahkan dari galaksi induk potensial mana pun lebih dari 300.000 tahun cahaya dalam beberapa kasus, sehingga sulit untuk mengidentifikasi asal-usulnya.

Para astronom menemukan sistem baru setelah kelompok penelitian lain, yang dipimpin oleh Elizabeth Adams dari Institut Radio Astronomi Belanda, menyusun katalog awan gas terdekat. Ia memberikan daftar lokasi potensial galaksi baru. Setelah katalog itu diterbitkan, beberapa kelompok penelitian, termasuk yang dipimpin oleh profesor astronomi UArizona, David Sand, mulai mencari bintang yang dapat dikaitkan dengan awan gas tersebut.

Awan gas dianggap terkait dengan galaksi kita sendiri, dan sebagian besar mungkin demikian. Akan tetapi ketika kumpulan bintang pertama, yang disebut SECCO1 ditemukan, para astronom menyadari bahwa itu sama sekali tidak dekat dengan Bima Sakti, melainkan di gugus Virgo yang jauh lebih jauh tetapi masih sangat dekat dalam skala alam semesta.

“SECCO1 adalah salah satu 'gumpalan biru' yang sangat tidak biasa,” kata Michael Jones, seorang rekan pascadoktoral di UArizona Steward Observatory dan penulis utama studi yang menggambarkan sistem bintang baru. Jones mempresentasikan temuannya, yang ditulis bersama Sand, selama pertemuan American Astronomical Society ke-240 di Pasadena, California, Rabu.

Hasil kajian dari temuan ini sendiri telah dicatat dalam database arXiv yang dipublikasikan pada 3 Mei 2022 dengan judul "Young, blue, and isolated stellar systems in the Virgo Cluster. II. A new class of stellar system, dan akan diterbitkan dalam jurnal Astrophysics of Galaxies".

Bintang yang lahir berwarna merah memiliki massa yang lebih rendah dan karena itu hidup lebih lama daripada bintang biru, yang cepat terbakar dan mati muda, kata Jones. (Garik Barseghyan from Pixabay)

"Ini adalah pelajaran yang tak terduga," kata Jones. "Ketika Anda mencari sesuatu, Anda belum tentu akan menemukan hal yang Anda cari, tetapi Anda mungkin menemukan hal lain yang sangat menarik."

Tim memperoleh pengamatan mereka dari Teleskop Luar Angkasa Hubble, Very Large Array Telescope di New Mexico dan Very Large Telescope di Cili. Rekan penulis studi Michele Bellazzini, dengan Istituto Nazionale di Astrofisica di Italia, memimpin analisis data dari Very Large Telescope dan telah menyerahkan makalah pendamping yang berfokus pada data tersebut.

Bersama-sama, tim mempelajari bahwa sebagian besar bintang di setiap sistem sangat biru dan sangat muda dan mengandung sangat sedikit gas atom hidrogen. Ini penting karena pembentukan bintang dimulai dengan atom gas hidrogen, yang akhirnya berkembang menjadi awan padat molekul gas hidrogen sebelum terbentuk menjadi bintang.

 Baca Juga: Astronom Temukan 116.027 Bintang Variabel Baru, Seberapa Penting?