Misteri El Tajin, Kota Hilang yang Jadi Warisan Dunia UNESCO

By Utomo Priyambodo, Selasa, 21 Juni 2022 | 12:00 WIB
Piramida Relung di Kota El Tajin. (Michael Swigart/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Dalam beberapa dekade terakhir banyak kota hilang telah ditemukan oleh para arkeolog atau para penjelajah. Salah satu yang paling misterius adalah kota kuno El Tajín di negara bagian Veracruz, Meksiko.

Kota ini terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO pada 1990-an karena semua monumen di El Tajín, termasuk lanskap sekitarnya, telah bertahan hampir tidak berubah selama berabad-abad. Kota ini tersembunyi dari manusia oleh hutan tropis.

Kota ini dibangun dan dihuni antara 800 Sebelum Masehi dan 1200 Masehi oleh budaya yang kemungkinan besar dipengaruhi oleh orang-orang Olmec, meskipun siapa mereka sebenarnya masih belum diketahui. Beberapa orang meyakini bahwa mereka adalah nenek moyang orang-orang Toltec atau bahwa mereka adalah cabang dari orang-orang Maya yang perkasa. Beberapa bukti menunjukkan bahwa para pembangun El Tajín adalah nenek moyang orang-orang Huastec, yang masih tinggal di negara bagian Veracruz.

Bukti arkeologis menunjukkan bahwa El Tajin adalah kota kaya dan merupakan ibu kota kerajaan yang mendominasi sebagian besar wilayah barat daya Meksiko. Kota itu mengangkangi jaringan perdagangan penting dan merupakan kota multi-etnis.

Pada puncaknya, sekitar 20.000 orang tinggal di El Tajín, terutama di perbukitan sekitarnya. Kota itu dan daerah pedalamannya selamat dari keruntuhan masyarakat pada Periode Klasik, dan El Tajín terus berkembang.

Namun, pada tahun 1300, kota itu diserang oleh orang-orang nomaden yang dikenal sebagai Chitimec, yang tinggal di tempat yang sekarang disebut Meksiko utara. Kota itu sebagian dihancurkan dan ditinggalkan, dan penduduk mendirikan kota lain agak jauh.

Dikutip dari Ancient Origins, kota yang ditinggalkan itu diketahui oleh orang-orang Toltec, dan kemudian oleh orang-orang Aztec. Mereka menghubungkan reruntuhan kota itu dengan alam gaib dan alam orang mati. Setelah penaklukan Spanyol, kota itu dilupakan. Ini mungkin terkait dengan keruntuhan orang-orang Huastec karena perang dan penyakit.

Penemuan Kembali Kota El Tajín yang Hilang

El Tajín yang ditingggalkan dan dilupakan berada di dataran tinggi semi-tropis dan segera ditumbuhi pepohonan. Kota itu tersembunyi di hutan lebat dan baru ditemukan pada tahun 1785 oleh seorang pejabat pemerintah yang mencari perkebunan tembakau ilegal.

Berita tentang penemuan kota yang hilang ini menimbulkan sensasi, tetapi baru pada abad ke-20 kota itu digali. Penemuan minyak membuka area bagi para arkeolog yang, bersama dengan yang lain, membersihkan hutan yang menyelimuti kota yang hilang itu. Sampai saat ini hanya 50% dari lokasi yang telah diselidiki dan dinyatakan sebagai taman arkeologi nasional untuk melindungi banyak reruntuhannya.

Bagian tertua kota itu adalah Aroyo Group yang merupakan alun-alun yang dikelilingi oleh susunan piramida berundak yang telah ditemukan dari hutan tersebut. Di bagian atas alun-alun ini ada kuil-kuil.

Baca Juga: Lima Kota Hilang Legendaris yang Belum Ditemukan Selain Atlantis