Dampak Covid-19 dan Persepsi Negatif Opini Publik Terhadap Aksi Iklim

By Ricky Jenihansen, Rabu, 22 Juni 2022 | 13:00 WIB
Covid-19 mempengaruhi bagaimana aksi terhadap perubahan iklim. (University of California)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Institut Ilmu dan Teknologi Lingkungan Universitat Autònoma of Barcelona (ICTA-UAB) menemukan bahwa dampak covid-19 membentuk persepsi negatif opini publik terhadap aksi iklim. Penelitian tersebut berusaha untuk mengetahui bagaimana krisis covid-19 telah mempengaruhi sikap masyarakat terhadap perubahan iklim.

Studi tersebut telah diterbitkan dalam 2 laporan ilmiah, yaitu di PLoS ONE dengan judul "Public expectations about the impact of covid-19 on climate action by citizens and government" dan di Ecological Economics dengan judul "Climate concern and policy acceptance before and after covid-19" yang merupakan jurnal akses terbuka.

Seperti diketahui, selama dua tahun terakhir, spekulasi tentang bagaimana covid-19 akan memengaruhi aksi iklim telah banyak bermunculan. Sementara suara yang paling optimis menunjukkan perubahan yang menguntungkan dalam perilaku individu terhadap lingkungan.

Sedangkan, suara yang lebih kritis menunjukkan bahwa masalah lingkungan telah telah menjadi prioritas terakhir untuk program pemulihan ekonomi. Masyarakat lebih mendukung aksi iklim setelah covid-19, tetapi ekspektasi mereka lebih pesimis, menurut penelitian ini.

Tim peneliti ICTA-UAB yang dipimpin oleh ekonom Jeroen van den Bergh telah menganalisis ekspektasi publik tentang aksi iklim di masa depan. Mereka menggunakan tanggapan tekstual yang diperoleh dari survei daring dan menganalisisnya dengan metode dari linguistik komputasional.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang memiliki lebih banyak harapan negatif daripada positif tentang bagaimana pandemi akan memengaruhi kebijakan pemerintah dan tindakan warga terhadap perubahan iklim dan lingkungan.Mayoritas opini publik yang teridentifikasi mengenai tindakan pemerintah mencerminkan persepsi negatif.

Dampak covid-19 membentuk persepsi negatif opini publik terhadap aksi iklim (Engin Akyurt/Unsplash)

Secara umum, hal tersebut berkaitan dengan berkurangnya perhatian yang diberikan pada perubahan iklim, keterbatasan anggaran akibat covid-19 dan krisis ekonomi dan kesehatan terkait. Kemudian peningkatan limbah karena penggunaan tindakan perlindungan sekali pakai seperti masker dan sarung tangan.

Sejumlah kecil orang, sekitar 8,2 persen melihat sedikit atau tidak ada hubungan antara covid-19 dan aksi iklim. Hanya dua topik yang mencakup sekitar 15 persentanggapan yang bersifat lebih positif. Mereka menganggap covid-19 sebagai panggilan untuk membangunkan lingkungan atau menunjukkan perubahan positif dalam kebiasaan konsumsi dan kerja jarak jauh.

Mengenai ekspektasi masyarakat terhadap tindakan sesama warga, sekitar 31 persen responden memiliki opini positif tentang situasi tersebut. Mereka percaya bahwa covid-19 telah menyebabkan kesadaran lingkungan yang lebih tinggi dan konsumsi yang lebih bertanggung jawab.

Namun demikian, sebagian besar responden masih mengungkapkan pandangan negatif, menyarankan misalnya bahwa orang sudah memiliki terlalu banyak masalah lain untuk dikhawatirkan tentang tindakan iklim atau akan segera beralih kembali ke rutinitas lama setelah pandemi berakhir.

Menurut peneliti, temuan tambahan muncul melalui pengukuran ekspektasi positif dan negatif. "Kami menemukan bahwa ekspektasi tindakan iklim di masa depan oleh pemerintah dan masyarakat cenderung berkorelasi kuat," kata Ivan Savin, peneliti ICTA-UAB dan penulis utama studi tersebut dalam rilis media.