Nasihat Einstein untuk Marie Curie pada 1911 Sangat Relevan untuk Kini

By Utomo Priyambodo, Selasa, 28 Juni 2022 | 07:00 WIB
Albert Einstein dan Marie Curie. (NobelPrize.org)

Nationalgeographic.co.id—Di era menjamurnya media sosial dan banyaknya ujaran kebencian, isi surat dari Albert Einstein untuk Marie Curie ini tampaknya sangat relevan dan berharga. Bahkan, pesan lebih dari seabad lalu ini patut kita perhatikan dan jadikan renungan. Anggap saja sebuah nasihat bijak dari masa lampau.

Pada bulan November 1911, Marie Skłodowska-Curie tinggal beberapa minggu lagi untuk dianugerahi Hadiah Nobel Kimia. Dia menerima Hadiah Nobel pertamanya pada tahun 1903 untuk bidang Fisika.

Penghargaan baru Hadiah Nobel Kimia itu menunjukkan bahwa dia adalah orang pertama yang menerima dua Hadiah Nobel. Hingga kini, dia tetap menjadi satu-satunya orang yang diakui dalam dua ilmu yang berbeda itu.

Pekerjaan profesionalnya yang luar biasa sebagai ilmuwan tentu mengagumkan semua orang. Namun banyak orang yang justru lebih tertarik dengan kehidupan pribadi Marie.

Pierre Curie, suami Marie, meninggal pada tahun 1906. Marie pun harus bernasib menjadi janda.

Beberapa tahun kemudian, dia terlibat asmara dengan fisikawan Paul Langevin, yang pernah menjadi mahasiswa doktoral di bawah bimbingan Pierre. Meskipun Langevin terpisah dari istrinya, mereka secara teknis masih menikah. Hubungan itu menyebabkan masalah di rumah Langevin, tapi itu tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang akan tumpah ke mata publik.

Curie, Langevin, dan sekitar 20 ilmuwan lainnya diundang ke konferensi elite khusus undangan di Brussel pada musim gugur 1911. Selama waktu itu, sebagaimana dilansir IFLScience, surat-surat cinta antara Curie dan Langevin telah disebarkan oleh istri Langevin ke banyak orang media. Banyak media kemudian memberitakan dan menggambarkan Curie sebagai perusak rumah tangga yang jahat.

Ketika Curie kembali ke Prancis setelah konferensi, dia disambut oleh massa yang mengepung rumahnya dan menakuti putri-putri Curie, yang baru berusia 7 dan 14 tahun saat itu. Curie dan putri-putrinya untuk sementara pindah menumpang ke tempat temannya sampai skandal itu mereda.

Albert Einstein, yang baru saja berkenal dengan Curie di konferensi Brussel, muak dengan tindakan media-media tersebut. Kemuakan itu mendorongnya untuk menulis surat ini kepada Mari Curie:

    

Baca Juga: Surat Lama Einstein Ditemukan, Isinya Prediksi soal Indra Super Burung

Baca Juga: Tulisan Tangan Einstein Berisi Teori Relativitas Pecahkan Rekor Lelang