Sesar Baribis di Jakarta Selatan Aktif dan Bisa Sebabkan Gempa Besar

By Ricky Jenihansen, Senin, 27 Juni 2022 | 08:00 WIB
Peta lokasi Sesar Baribis yang aktif di Jakarta Selatan. (Widiyantoro et al.)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru dari dari tim ilmuwan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkapkan bahwa sepanjang sesar Baribis di barat laut Jawa mungkin aktif. Aktivitas seismik di wilayah timur secara signifikan lebih tinggi daripada di barat, sementara di wilayah selatan Jakarta menunjukan adanya tingkat kompresi tinggi.

Menurut laporan tersebut, Jakarta selatan dan sekitarnya menjadi sangat rentan terhadap gempa bumi yang cukup besar di masa depan karena Sesar Baribis barat terkunci. Itu bisa terjadi ketika akumulasi energi regangan elastis akhirnya dilepaskan.

Penelitian ini ditulis oleh Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) Sri Widiyantoro sebagai penulis pertama dan P Supendi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjadi penulis kedua.

Penelitian juga melibatkan sejumlah peneliti ITB lain, bersama dengan peneliti dari Department of Earth Sciences di University of Cambridge dan PT Reasuransi Maipark.

Laporan penelitian tersebut telah dipublikasikan di jurnal bergengsi Nature Scientific Report dengan judul "Implications for fault locking south of Jakarta from an investigation of seismic activity along the Baribis fault, northwestern Java, Indonesia" baru-baru ini.

Sebelumnya, para peneliti juga telah mempublikasikan tentang pemantauan gempa di Sesar Baribis dekat Jakarta pada tahun 2021 dan jurnal Geoscience Letters. Publikasi tersebut dipublikasikan dengan judul "Earthquake monitoring of the Baribis Fault near Jakarta, Indonesia, using borehole seismometers" pada 31 Desember 2021.

Jakarta, sebuah kota besar yang terletak di jantung salah satu pulau terpadat di dunia. (Pinterest)

Dalam penelitian itu, para peneliti menyebutkan bahwa pengaturan geologi di Jakarta dan sekitarnya masih kurang dipahami. Namun itu adalah salah satu dari sedikit tempat di Indonesia yang terkena dampak gempa baik dari zona subduksi Jawa dan sesar aktif di darat.

Oleh karena itu, para peneliti melakukan percobaan seismik lubang bor untuk merekam aktivitas seismik pada Sesar Baribis. Tujuan utama dari studi ini adalah untuk menentukan apakah patahan ini aktif secara seismik.

Dalam laporannya, peneliti menulis, secara signifikan, generasi peta bahaya nasional Indonesia saat ini belum mempertimbangkan kegempaan di sepanjang Sesar Baribis.

"Oleh karena itu, hasil baru kami menyerukan penilaian ulang yang mendesak dari bahaya seismik di barat laut Jawa yang dengan hati-hati memperhitungkan Sesar Baribis dan potensi gempanya," tulis peneliti.

"Terutama mengingat kedekatannya dengan Jakarta, sebuah kota besar yang terletak di jantung salah satu pulau terpadat di dunia."