Dikenal Cerdas, Ternyata Otak Gurita Punya Kesamaan dengan Manusia

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Selasa, 28 Juni 2022 | 11:00 WIB
Setelah bertelur, gurita pun berhenti makan dan mulai melukai dirinya sendiri. Gurita merobek kulitnya atau bahkan memakan lengannya sendiri. (Pia/Pexels)

Nationalgeographic.co.id—Di antara semua invertebrata, gurita adalah hewan yang yang unik. Mereka punya otak yang sangat kompleks dan kemampuan kognitifnya yang luar biasa. Baru-baru ini, para peneliti mengungkap bahwa kompleksitas saraf dan kognitif mereka dapat berasal dari analogi molekuler yang sama dengan otak manusia.

Penelitian itu diungkap di jurnal BMC Biology pada 18 Mei 2022. Tim penelitian itu dipimpin oleh Remo Sanges dari Scuola Internazionale Superiore di Studi Avanzati (SISSA) di Italia. Penelitian itu menunjukkan bahwa ada 'gen pelompat' yang sama aktifnya pada otak manusia dan dua spesies gurita: Octopus vulgaris dan Octopus bimaculoides.

Penelitian ini membantu pemahaman rahasia di balik kecerdasan makhluk yang menakjubkan ini. Bahkan, para ilmuwan menganggap kecerdasan gurita cenderung punya kesamaan dengan vertebrata daripada invertebrata.

Diketahui, urutan genom manusia 45 persen adalah transposon. Transposon ini disebut sebagai 'gen lompat' yang melalui mekanisme salin dan tempel atau potong dan tempel molekuler. Sehingga ia dapat seperti bergerak dari satu titik ke titik lain dari genom individu dengan cara mengacak atau menduplikat.

Dalam banyak kasus, elemen seluler ini tetap diam dengan tidak memberikan efek yang terlihat dan kehilangan kemampuan bergerak. Mereka tidak aktif karena punya akumulasi mutasi yang diwariskan dari generasi ke generasi, dan diblokir oleh mekanisme pertahanan seluler, terang para peneliti.

Meski fragmen dan salinan transposon rusak, berdasarkan sudut pandang evolusi, masih dapat berguna untuk membentuk evolusi di masa mendatang.

“Otak gurita secara fungsional analog dalam banyak karakteristiknya dengan mamalia,” kata Graziano Fiorito, salah satu penulis dari Department of Biology and Evolution of Marine Organisms, Stazione Zoologica Anton Dohrn, Italia, lewat sebuah pernyataan.

“Untuk alasan ini, juga, elemen LINE yang diidentifikasi mewakili kandidat yang sangat menarik untuk dipelajari untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang evolusi kecerdasan.”

LINE adalah singkatan dari Long Interspersed Nuclear Element, yang merupakan famili elemen-elemen seluler seperti transposon. LINE sering ditemukan dalams eratus salinan dalam genom manusia dan masih berpotensi untuk aktif.

Inilah yang tampak sama pada gurita. Otak mereka kaya akan 'gen pelompat' yang sebagian besar tidak aktif. Para peneliti berfokus pada transposon yang masih mampu menyalin dan menempel, elemen famili LINE pada bagian otak yang penting untuk kemampuan kognitif mereka.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Sebab Gurita Betina Menghancurkan Diri Habis Bertelur

Baca Juga: Pro Kontra Larangan Gurita, Kepiting, dan Lobster Digoreng Hidup-Hidup