Milos: Legenda Gulat Yunani Kuno dan Manusia Terkuat dalam Sejarah

By Galih Pranata, Sabtu, 2 Juli 2022 | 13:00 WIB
Milo of Croton, sebuah seni skulptur dari marmer yang tersimpan di Museum Louvre, Prancis. (Maurice Falconet/Wikimedia)

Nationalgeographic.co.idMenyaingi legenda Hercules sang dewa, hampir 2.500 tahun yang lalu, seorang pegulat Yunani, Milos dari Croton, dianggap sebagai manusia terkuat yang pernah hidup di bumi.

Milos adalah seorang pria dengan kekuatan yang luar biasa dengan tubuh atletis. Menurutnya, untuk membangun otot, diperlukan tiga hal: "mulailah dengan beban yang sangat ringan, jangan lewatkan latihan, dan tingkatkan latihan secara bertahap," tulis Kokkinidis.

Tasos Kokkinidis menulis sebuah artikel kepada Greek Reporter yang berjudul "The Strongest Greek That Ever Lived" terbit pada 5 Mei 2022. "Dengan kekuatannya, ia menjadi juara gulat enam kali di Olimpiade Kuno di Yunani," tambahnya.

Pada tahun 540 SM, ia memenangkan kategori gulat putra, lalu kemudian memenangkan kompetisi putra pada lima Olimpiade berikutnya secara berturut-turut. Ia juga mendominasi Pythian Games (muncul sebagai pemenang 7 kali), Isthmian Games (pemenang 10 kali), dan Nemean Games (pemenang 9 kali).

Bukan begitu saja ia mendapatkan kekuatannya. Milos melakukan latihan rutin, bahkan sejak ia masih kecil. Dikatakan bahwa Milos melatih kekuatannya yang luar biasa melalui pola latihan yang sederhana tetapi mendalam.

"Suatu hari, ada seekor anak sapi yang baru lahir lahir di dekat rumah Milos. Ia memutuskan untuk mengangkat hewan kecil itu dan membawanya di pundaknya. Keesokan harinya, dia kembali dan melakukan hal yang sama," terusnya.

Latihannya terus dilakukan selama empat tahun berikutnya, mengangkat anak sapi ke atas bahunya setiap hari seiring pertumbuhannya. Ia melakukannya sampai tak lagi mengangkat anak sapi, tetapi seekor banteng berusia empat tahun!

Anekdot tentang kisah kekuatan dan gaya hidup Milos yang tampak seperti Superman, dapat dilihat dari caranya makan. "Makanan hariannya terdiri dari 9 kg daging, 9 kg roti, dan 10 liter anggur," lanjutnya.

Meski dianggap sebagai seorang pegulat terkuat sepanjang sejarah, kematiannya masih menjadi misteri. "Tanggal kematian Milos tidak diketahui, tetapi menurut sejarawan kuno, ia tewas di tengah hutan," imbuhnya.

 Baca Juga: Dewa Anggur Dionisos, Mitologi Yunani atau Diadopsi dari Tradisi Lain?

 Baca Juga: Legenda Hercules Menangkap Babi Erymanthian yang Meyusahkan Warga

 Baca Juga: Hukum Bengis Draconian Yunani Kuno yang Diukir dalam Darah Manusia