Dampak Perubahan Iklim: Volume Penguapan Danau Global Jauh Lebih Besar

By Wawan Setiawan, Selasa, 12 Juli 2022 | 15:00 WIB
Ketinggian air di Danau Mead mencapai rekor terendah karena suhu di atas normal, curah hujan di bawah rata-rata dan perubahan iklim, menurut para ahli air. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Cincin mineral putih setinggi Patung Liberty merayap di garis pantai Danau Mead yang curam. Tepat di sebelah timur Las Vegas, waduk Sungai Colorado di perbatasan Nevada-Arizona. Ini merupakan reservoir terbesar di negara itu dan mengalir dengan cepat.

Sebagian besar Negara, saat ini mengalami suhu di atas normal, curah hujan di bawah rata-rata, dan iklim yang berubah. Terkait kondisi ini, maka sangatlah penting bagi pengambil keputusan pengelolaan air untuk memiliki informasi yang akurat.

Dipimpin oleh Dr. Huilin Gao, profesor di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Zachry di Texas A&M University, para peneliti menciptakan kumpulan data volume penguapan danau global (GLEV). Ini memanfaatkan pemodelan dan penginderaan jauh untuk menyediakan rangkaian waktu bulanan jangka panjang pertama bagi 1,42 juta danau alami individu dan waduk buatan di seluruh dunia. Hasil temuan mereka dipublikasikan di jurnal Nature Communications pada 28 Juni dengan judul "Evaporative water loss of 1.42 million global lakes".

Sekitar 87% air permukaan segar dalam bentuk cair disimpan di danau alami dan buatan (yaitu, waduk). Sementara volume penguapan dari danau global ini cukup besar, namun sedikit yang diketahui tentang distribusi spasial dan tren jangka panjangnya.

Ketinggian permukaan air danau Mead yang terus menurun sejak 1985. (Texas A&M University)

Dari tahun 1985 hingga 2018, para peneliti menemukan bahwa rata-rata volume penguapan danau dalam jangka panjang telah meningkat dengan laju 3,12 kilometer kubik per tahun. Atribusi tren termasuk peningkatan laju penguapan 58%, penurunan tutupan es danau sebesar 23% dan peningkatan luas permukaan danau sebesar 19%.

Hasil dari studi ini menggarisbawahi pentingnya menggunakan volume penguapan (daripada laju penguapan) sebagai indeks utama untuk menilai dampak iklim pada sistem danau.

"Kami menemukan bahwa penguapan danau jangka panjang adalah 1500 plus atau minus 150 kilometer kubik per tahun, yang 15,4% lebih besar dari perkiraan sebelumnya," kata penulis pertama Dr. Gang Zhao, mantan mahasiswa Texas A&M yang sekarang menjadi rekan pascadoktoral di Departemen Ekologi Global di Institut Sains Carnegie. "Ini menunjukkan bahwa penguapan danau memainkan peran yang lebih besar dalam siklus hidrologi daripada yang diperkirakan sebelumnya."

Dalam 33 tahun terakhir, kehilangan air evaporatif dari waduk telah meningkat pada tingkat 5,4% per tahun, melampaui tren global 2,1% untuk semua danau.

Matahari terbenam di luar Danau Mead yang dilanda kekeringan pada 24 Juni 2022 di Area Rekreasi Nasional Danau Mead, Nevada. (Mario Tama/Getty Images)

"Berkenaan dengan kehilangan penguapan, penelitian ini akan menjadi tempat yang sangat berharga untuk melayani peneliti sumber daya air dan pembuat keputusan," kata Gao. "Temuan kami memiliki implikasi lingkungan, sosial dan ekonomi yang signifikan karena hilangnya penguapan global akan dipercepat dan semakin diperburuk di masa depan di bawah pemanasan global.

Para peneliti mengatakan bahwa proyeksi sumber daya air dan energi yang andal tidak dapat dibuat. Kumpulan data yang tersedia secara gratis ini dapat bermanfaat bagi para pembuat keputusan dan komunitas sains yang lebih luas.