Robot Mini Mencari Kehidupan Alien di Satelit Planet Jupiter, Europa

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 16 Juli 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi ini menunjukkan konsep cryobot NASA yang disebut Probe. (NASA)

Nationalgeographic.co.id—Konsep baru yang sedang dalam pengembangan di Laboratorium Propulsi Jet NASA akan memungkinkan misi planet yang potensial untuk mengejar petunjuk menarik di lautan bawah permukaan. Nantinya, lusinan robot mini dapat berenang di air di bawah cangkang es bulan Jupiter Europa atau bulan Saturnus Enceladus, mencari tanda-tanda kehidupan alien.

Melalui lelehan es yang sempit, robot mini seukuran ponsel yang disebut probe akan menembus kerak beku Europa. Robot-robot kecil itu akan dilepaskan di bawah air, berenang jauh dari kapal induk mereka untuk mengukur dunia baru.

Konsep tersebut adalah visi Ethan Schaler, seorang insinyur mekanik robotika di Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan. Konsep yang disebut Sensing With Independent Micro-Swimmers (SWIM)-nya itu, baru-baru ini dianugerahi 600.000 dollar dalam pendanaan Tahap II dari program NASA Innovative Advanced Concepts (NIAC).

"Ide saya adalah, di mana kita dapat mengambil robotika mini dan menerapkannya dengan cara baru yang menarik untuk menjelajahi Tata Surya kita?" kata Schaler dalam rilis NASA.

"Dengan segerombolan robot renang kecil, kami dapat menjelajahi volume air laut yang jauh lebih besar dan meningkatkan pengukuran kami dengan meminta beberapa robot mengumpulkan data di area yang sama."

Konsep SWIM membayangkan robot berbentuk seperti pasak, masing-masing memiliki panjang sekitar 12 cm. Sekitar empat lusin dari mereka bisa muat di bagian panjang 10 cm dari cryobot berdiameter 25 cm, mengggunakan hanya sekitar 15 persen dari volume muatan.

Itu akan menyisakan banyak ruang untuk instrumen sains yang lebih kuat tetapi kurang bergerak yang dapat mengumpulkan data selama perjalanan panjang melalui es dan memberikan pengukuran stasioner di lautan.

Misi Europa Clipper direncanakan untuk diluncurkan pada tahun 2024, akan mulai mengumpulkan ilmu pengetahuan terperinci selama beberapa kali terbang lintas dengan serangkaian besar instrumen ketika tiba di bulan Jovian pada tahun 2030.

Dalam konsep SWIM, diilustrasikan di sini, lusinan robot kecil akan turun melalui cangkang es bulan yang jauh melalui cryobot. (NASA)

Melihat lebih jauh ke masa depan, konsep cryobot untuk menyelidiki dunia laut seperti itu sedang dikembangkan melalui program NASA’s Scientific Exploration Subsurface Access Mechanism untuk Europa (SESAME), serta melalui program pengembangan teknologi NASA lainnya.

Sama ambisiusnya dengan konsep SWIM, tujuannya adalah untuk mengurangi risiko sekaligus meningkatkan ilmu pengetahuan. Cryobot akan terhubung dengan alat komunikasi pendarat berbasis permukaan, yang pada gilirannya akan menjadi titik kontak dengan pengontrol misi di Bumi.

Pendekatan pada hubungan tersebut bersama dengan ruang terbatas untuk memasukkan sistem propulsi besar. Berarti cryobot kemungkinan tidak akan mampu menjelajah jauh melampaui titik di mana es bertemu lautan.