Efek Polusi Suara Penambangan Dasar Laut Hingga Ratusan Kilometer

By Wawan Setiawan, Kamis, 14 Juli 2022 | 16:00 WIB
Kebisingan dan penambangan laut dalam bisa memengaruhi kehidupan akuatik, menurut studi baru. (Alex Reis, European Scientist)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian baru yang diterbitkan di jurnal Science pada 7 Juli berjudul Noise from deep-sea mining may span vast ocean areas, meneliti potensi polusi suara bawah laut dari operasi penambangan dasar laut. Operasi penambangan ini jelas dapat memengaruhi spesies yang belum dipelajari yang hidup di laut dalam, habitat terbesar di Bumi.

Studi baru dilakukan oleh para ilmuwan dari Oceans Initiative, National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) di Jepang, Curtin University di Australia, dan University of Hawaii. Proyek tersebut didanai oleh The Pew Charitable Trusts. Studi tersebut menemukan bahwa kebisingan dari satu tambang sendiri dapat menempuh jarak sekitar 500 kilometer. Bahkan dalam kondisi cuaca yang baik, dengan kemungkinan dampak kumulatif di tempat-tempat di mana banyak tambang yang beroperasi.

Laut dalam adalah rumah bagi organisme yang tidak ditemukan di tempat lain di Bumi. Karena tidak adanya sinar matahari, kemungkinan mereka menggunakan suara untuk bernavigasi, berkomunikasi, menemukan pasangan kawin, mencari makanan, dan mendeteksi pemangsa serta bahaya lainnya.

Sumber kebisingan dari kegiatan penambangan laut dalam akan merentang di seluruh kolom air, mulai dari rig di permukaan, peralatan penambangan di dasar laut, dan pompa di sepanjang riser untuk membawa nodul ke permukaan. (Williams, et al. (2022))

Tujuh belas kontraktor sedang menjajaki kemungkinan penambangan di Clarion-Clipperton Zone (CCZ), area yang membentang 4,5 juta kilometer persegi antara Hawaii dan Meksiko. Fokus utama mereka adalah minat penambangan laut dalam. Jika masing-masing kontraktor meluncurkan hanya satu tambang, diperkirakan 5,5 juta kilometer persegi akan meningkatkan tingkat kebisingan. Tingkat aktivitas pertambangan ini tidak hanya memiliki dampak yang tak terhitung pada spesies yang peka terhadap kebisingan. Namun juga dapat merusak upaya untuk melestarikan kawasan tanpa dampak pertambangan digunakan sebagai perbandingan ilmiah. Kawasan tersebut umumnya dikenal sebagai "kawasan referensi pelestarian".

"Yang paling mengejutkan saya adalah betapa mudahnya kebisingan dari hanya satu atau dua ranjau berdampak pada area terdekat yang telah disisihkan sebagai kontrol eksperimental," kata Rob Williams, salah satu pendiri Oceans Initiative. "Dengan begitu banyak hal yang tidak diketahui, kami membutuhkan perbandingan yang cermat antara area referensi pelestarian ini dengan lokasi penambangan untuk memahami dampak penambangan. Tetapi kebisingan akan melintasi batas antara zona pelestarian dan lokasi penambangan."

"Pemodelan kami menunjukkan bahwa kebisingan pertambangan dapat berdampak jauh di luar lokasi pertambangan yang sebenarnya, termasuk zona referensi pelestarian, yang diperlukan di bawah rancangan peraturan pertambangan agar tidak terpengaruh oleh pertambangan." tambah Craig R. Smith, seorang profesor emeritus di University of Hawaii.

Teripang, spesies unik di dasar laut. Yang mungkin juga menjadi terdampak dari polusi suara ini. (Craig Smith and Diva Amon, ABYSSLINE Project)

"Temuan ini mungkin memerlukan pemikiran ulang tentang peraturan lingkungan, termasuk jumlah operasi penambangan yang diizinkan di dalam CCZ," tegasnya.

“Memang, perusahaan pertambangan sudah menguji prototipe skala kecil dari sistem penambangan laut dalam. Meskipun begitu, mereka belum membagikan data mereka tentang polusi suara bawah air. Jadi artikel Sains harus menggunakan tingkat kebisingan dari kegiatan industri yang dipelajari lebih baik. Seperti kapal industri minyak dan gas dan kapal keruk pesisir, sebagai placeholder. Tingkat kebisingan sebenarnya dari penambangan laut dalam dapat bervariasi setelah data tersedia,” kata Andrew Friedman, direktur proyek penambangan dasar laut Pew.

“Tingkat kebisingan tersebut cenderung lebih tinggi daripada data proxy. Sebab peralatan penambangan dasar laut yang sebenarnya jauh lebih besar dan lebih kuat daripada proxy. Ini mungkin perkiraan konservatif," imbuhnya.

Baca Juga: Pelantang Rumah Ibadah, Bagaimana Cara Mengatur Suara Rumah Ibadah?