Dunia Hewan: Uniknya Cara Mamalia Darat dan Mamalia Laut Tidur

By Utomo Priyambodo, Rabu, 13 Juli 2022 | 16:00 WIB
Dalam dunia hewan, gajah termasuk binatang yang tidur sebentar per harinya karena ukuran tubuhnya yang besar dan perlu sering merumput. (MICHAEL NICHOLS)

Nationalgeographic.co.id—Dalam dunia hewan, mamalia atau binatang menyusui adalah hewan-hewan yang bisa tidur sangat lama. Sebagai contoh, manusia yang juga termasuk mamalia menghabisakan sepertiga waktu dalam hidupnya untuk tidur.

Mamalia tidur untuk menghemat energi dan memulihkan energi mental dan fisik. Lama tidur yang dibutuhkan mamalia tergantung pada beberapa faktor, termasuk usia, ukuran tubuh, lingkungan, pola makan, dan keamanan tempat tidurnya. Apakah mamalia hidup di darat atau di laut, juga dapat mempengaruhi berapa banyak tidur yang dibutuhkannya.

Mamalia yang berbeda menghabiskan jumlah waktu yang berbeda dalam tidur non-REM dan tidur REM. Namun, semua mamalia yang dipelajari sejauh ini menunjukkan tanda-tanda tidur REM. Hal ini menunjukkan bahwa semua hewan menyusui bermimpi dalam tidurnya, seperti halnya manusia.

Dikutip dari Sleep Foundation, tidur mamalia sering dikategorikan sebagai monofasik atau polifasik. Tidur monofasik menggambarkan hewan yang umumnya menerima tidur mereka dalam satu periode waktu yang terkonsentrasi. Manusia adalah contoh dari tidur monofasik. Ritme sirkadian kita mendorong kita untuk tidur dalam waktu lama di malam hari dan aktif serta waspada di siang hari.

Tidur polifasik dalam dunia hewan, di sisi lain, cenderung tidur dalam beberapa periode sepanjang siklus 24 jam. Tidur polifasik lebih umum, karena banyak hewan perlu mempertahankan tingkat kewaspadaan tertentu terhadap pemangsa. Namun, jika ancaman dapat diminimalkan, hewan-hewan itu dapat menikmati tidur monofasik. Marmoset, misalnya, tidur di pepohonan yang dikelilingi oleh keluarganya, memungkinkan mereka merasa lebih terlindungi dan mengalami tidur monofasik.

Mamalia Darat

Pada mamalia darat, jumlah tidur yang dibutuhkan bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya. Jerapah membutuhkan sedikit tidur. Rata-rata jerapah tidur selama 4,6 jam per hari.

Untuk sebagian besar, jerapah cenderung tidur di malam hari, meskipun mereka tidur siang sebentar sepanjang hari. Jerapah dapat tidur sambil berdiri maupun berbaring, dan siklus tidurnya cukup pendek, berlangsung selama 35 menit atau lebih pendek.

Gajah adalah hewan lain yang tidurnya sangat sedikit. Beberapa peneliti telah mendokumentasikan total waktu tidur para gajah hanya 2 jam per hari. Para ilmuwan dapat mengetahui bahwa gajah sedang tidur ketika belalainya berhenti bergerak.

Para gajah, seperti jerapah, kemungkinan hanya tidur selama beberapa jam per hari karena ukuran tubuhnya yang besar dan perlu sering merumput. Risiko pemangsaan juga dapat berperan dalam seberapa sedikit mereka tidur, mengingat seberapa jauh mereka akan melakukan perjalanan saat terjaga. Para ilmuwan telah mengamati para gajah bepergian selama hampir dua hari tanpa tidur sama sekali.

Seperti jerapah dan gajah, kuda juga tidak banyak tidur, dan ketika mereka tidur, mereka bisa tidur sambil berdiri. Namun, begitu mereka memasuki tidur REM, mereka berbaring.

Di ujung lain spektrum, ada anjing yang menghabiskan lebih dari sepertiga harinya untuk tidur. 21% lainnya dari hari-hari mereka dihabiskan dalam keadaan mengantuk yang santai, siap untuk tidur siang pada saat itu juga. Kelelawar cokelat kecil tidur lebih lama, sekitar 20 jam per hari. Sebagian dari waktu itu dihabiskan dalam keadaan mati suri, atau hibernasi.