Beratnya Melupakan Mantan, Ternyata Ini yang Terjadi pada Otak Kita

By Ricky Jenihansen, Jumat, 15 Juli 2022 | 14:00 WIB
Memilih untuk melupakan sesuatu ternyata membutuhkan lebih banyak kekuatan otak (Pinterest)

Nationalgeographic.co.id—Ada banyak hal yang mungkin ingin kita lupakan, seperti kenangan-kenangan buruk atau mungkin melupakan mantan yang telah menyakiti hati Anda. Tapi ternyata, sebuah penelitian mengungkapkan, memilih untuk melupakan sesuatu ternyata membutuhkan lebih banyak kekuatan otak.

Tidak hanya itu, melupakan juga butuh upaya mental lebih dibandingkan jika ingin mengingat sesuatu. Laporan penelitian tersebut telah diterbitkan di Journal of Neuroscience dengan judul "More is less: increased processing of unwanted memories facilitates forgetting."

Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti dari University of Texas di Austin. Mereka mendapati bahwa bahwa untuk melupakan pengalaman yang tidak diinginkan, butuh lebih banyak perhatian yang harus difokuskan untuk hal tersebut.

Menurut Jarrod Lewis-Peacock, penulis senior studi tersebut, kita mungkin ingin melupakan ingatan yang memicu respon maladaptif. Seperti ingatan traumatis, sehingga dapat merespon pengalaman baru dengan cara yang lebih adaptif. Lewis-Peacock adalah asisten profesor psikologi di University of Texas di Austin.

"Namun, beberapa dekade penelitian telah menunjukan bahwa kita memiliki kemampuan untuk secara sukarela melupakan sesuatu, tapi bagaimana otak kita melakukan itu masih dipertanyakan," kata Lewis-Peacock.

Ia melanjutkan, kita dapat merancang perawatan untuk membantu orang-orang membebaskan diri dari ingatan yang tidak diinginkan. Namun setelah kita dapat mengetahui bagaimana ingatan melemah dan menemukan cara untuk mengendalikan ini.

Melupakan juga butuh upaya mental lebih. (Shutterstock)

Kenangan tidak statis, jelasnya dan hal itu adalah konstruksi dinamis otak yang secara teratur diperbarui, dimodifikasi, dan ditata ulang melalui pengalaman. Otak terus-menerus mengingat dan melupakan informasi dan banyak dari ini terjadi secara otomatis selama tidur.

Ketika dengan sengaja ingin melupakan, penelitian sebelumnya berfokus pada menemukan "titik panas" aktivitas dalam struktur kontrol otak. Seperti korteks prefrontal, dan struktur memori jangka panjang, seperti hippocampus.

Tapi studi kali ini berfokus, sebaliknya, pada area sensorik dan persepsi otak, khususnya korteks temporal ventral. Kemudian pola aktivitas di sana yang sesuai dengan representasi memori dari rangsangan visual yang kompleks.

"Kami tidak melihat pada sumber perhatian di otak, tetapi melihatnya," kata Lewis-Peacock, yang juga berafiliasi dengan Departemen Ilmu Saraf University of Texas di Austin dan Dell Medical School.

Para peneliti menggunakan neuroimaging untuk melacak pola aktivitas otak. Para peneliti menunjukkan sekelompok gambar orang dewasa yang sehat dari adegan dan wajah, menginstruksikan mereka untuk mengingat atau melupakan setiap gambar.