Telisik Wasbaboe, Buruh Cuci Orang Belanda dari Kalangan Pribumi

By Galih Pranata, Senin, 18 Juli 2022 | 09:00 WIB
Para wanita pribumi sedang mencuci pakaian di Banyuwangi sekitar tahun 1918. (KITLV)

Nationalgeographic.co.id—Berdasarkan lukisan-lukisan pertengahan abad ke-19, kegiatan mencuci di kalangan pekerja rumah tangga keluarga Belanda dilakukan oleh para jongos pribumi. Orang-orang Belanda yang tak mampu mengurusi urusan rumah tangganya, membuka pekerjaan bagi pribumi sebagai pembantu rumah tangga mereka. Mulai dari djongos hingga wasbaboe dipekerjakan.

"Peran wasbaboe atau babu cuci ini menarik, bila dikaitkan dengan siapa yang sebenarnya melakukan pekerjaan ini sehari-hari," tulis Achmad Sunjayadi dalam jurnal Abad berjudul Pelayan Pribumi Dalam Akomodasi Turisme Di Hindia Belanda terbit pada 2018.

Namun, Sunjayadi menegaskan dalam tulisannya bahwa wasbaboe dan baboe memiliki penafsiran yang berbeda. Jika wasbaboe lekat sebagai buruh cuci dalam rumah tangga orang Belanda, baboe lebih dekat dengan pramusaji hotel. 

Adapun baboe dalam rumah tangga Belanda, mereka bekerja lebih keras dari wasbaboe. Mereka membersihkan rumah juga berlaku untuk mengurusi bayi dan anak-anak majikannya.

Menariknya, dari beragam lukisan yang ada di tahun 1851, 1853, dan 1857, tidak terlihat sosok wasbaboe. Sebaliknya, para jongos (laki-laki) yang mencuci kerap muncul dalam lukisan-lukisan itu. Hal itu mungkin dapat dijelaskan karena mencuci dengan cara yang berlaku saat itu merupakan pekerjaan yang sangat membutuhkan tenaga yang besar.

"Pekerjaan itu lebih cocok dilakukan oleh laki-laki. Ya, diperkirakan peran wasbaboe dimainkan juga oleh para laki-laki," tambahnya. Namun, ada perdebatan yang terjadi jika melihat sebuah foto yang datang dari abad ke-20 yang menggambarkan wasbaboe.

Dalam foto tersebut, terlihat peran wasbaboe dimainkan oleh seorang wanita. Berbagai pertanyaan muncul sehubungan dengan aktivitas mencuci tersebut. Antara lain sejak kapan dan mengapa dalam kehidupan sehari-hari pekerjaan mencuci di kalangan pekerja rumah tangga itu beralih kepada perempuan?

Salah satu kemungkinan jawaban untuk pertanyaan tersebut dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari sampai dengan beberapa dekade awal abad ke-19.

Pergantian tugas mencuci dari laki-laki ke perempuan di kalangan pekerja rumah tangga baru terjadi ketika para orang kaya yang mempekerjakan mereka mulai memiliki sumur sendiri di rumah.

"Pakaian majikan Belanda mereka tidak lagi dicuci di kanal atau sungai karena alasan kebersihan, kesehatan, atau alasan sosial lainnya seiring dengan perubahan mutu air kanal atau sungai," lanjutnya.

Mereka telah menjadi pembantu yang bertugas membersihkan dan mencuci seluruh pakaian majikan Belandanya.

Wasbaboe mencuci di bantaran sungai di Batavia sekitar tahun 1915. (KITLV)