Ilmuwan Menganalisis Genom Hominin dari Gua Rusa Merah di Tiongkok

By Ricky Jenihansen, Selasa, 19 Juli 2022 | 15:00 WIB
Hominin misterius dari Gua Rusa Merah milik cabang ibu manusia modern yang telah punah yang mungkin berkontribusi pada asal usul penduduk asli Amerika. (Xueping Ji)

Nationalgeographic.co.id—Pada tahun 1989, tim arkeolog Tiongkok menemukan sisa-sisa tengkorak setidaknya tiga individu di Gua Rusa Merah. Gua yang juga disebut Maludong ini terdapat di provinsi Yunnan, Tiongkok. Sekarang, para ilmuwan telah mengurutkan dan mengalisis genom hominin dari Pleistosen Akhir tersebut.

Laporan penelitian tersebut telah diterbitkan di jurnal Current Biology dengan judul "A Late Pleistocene human genome from Southwest China" baru-baru ini. Publikasi tersebut merupakan jurnal akses terbuka yang dapat diperoleh secara daring.

Untuk diketahui, sebelumnya dilaporkan hominin di Tiongkok barat daya itu memiliki fitur mosaik hominin modern dan kuno. Hasil mereka menunjukkan bahwa individu dari Gua Rusa Merah adalah manusia modern secara anatomis yang menunjukkan kesinambungan genetik hingga populasi saat ini.

Mereka diperkirakan terkait erat dengan nenek moyang Asia Timur yang berkontribusi pada Orang Amerika Pertama. Penanggalan karbon menunjukkan bahwa fosil-fosil itu berasal dari Pleistosen Akhir sekitar 14.000 tahun yang lalu. Periode waktu itu ketika manusia modern bermigrasi ke banyak bagian dunia.

Para peneliti menulis, bahwa Asia Tenggara bagian selatan merupakan pusat penyebaran pemukiman prasejarah dan migrasi manusia modern di kawasan Asia-Pasifik. Namun, pola pemukiman dan struktur populasi manusia paleolitik di wilayah ini tetap sulit dipahami, dan DNA purba dapat memberikan informasi langsung.

Para peneliti mengurutkan genom hominin Pleistosen Akhir yang berusi 14 ribu tahun. (Su et al.)

Di antara fosil adalah tengkorak tempurung kepala hominin dengan fitur mosaik hominin modern dan kuno. Bentuk tengkoraknya menyerupai Neanderthal, dan otaknya tampak lebih kecil daripada manusia modern.

Akibatnya, beberapa antropolog mengira tengkorak itu mungkin milik spesies manusia purba yang tidak diketahui. Spesies itu mungkin hidup sampai baru-baru ini atau populasi hibrida manusia purba dan modern.

Pada penelitian ini, para peneliti mengurutkan genom hominin Pleistosen Akhir yang berusi 14 ribu tahun dari Gua Rusa Merah yang terletak di Tiongkok Barat Daya. Hominin ini adalah genom Pleistosen Akhir pertama dari Asia Tenggara bagian selatan.

Pada tahun 1989, tim arkeolog Tiongkok menemukan sisa-sisa tengkorak setidaknya tiga individu di Gua Rusa Merah. (Yunnan Institute of Cultural Relics and Archaeology)

Bing Su, peneliti di Kunming Institute of Zoology mengatakan, bahwa teknik DNA kuno adalah alat yang sangat kuat. "Ini memberi tahu kita dengan cukup pasti bahwa orang Gua Rusa Merah adalah manusia modern, bukan spesies kuno, seperti Neanderthal atau Denisovan, terlepas dari fitur morfologis mereka yang tidak biasa," kata Su, seperti dikutip science daily.

Dalam studi tersebut, Su dan rekannya telah berhasil mengekstrak dan mengurutkan DNA purba dari tengkorak Gua Rusa Merah, Mereka kemudian membandingkannya dengan orang-orang dari seluruh dunia.