Tidak Sekadar Melindungi kepala, Helm Gladiator Punya Kegunaan Lain

By Sysilia Tanhati, Selasa, 19 Juli 2022 | 08:05 WIB
Sebagian gladiator mengenakan helm pelindung saat bertanding. Tidak sekedar melindungi kepala, helm yang dikenakan gladiator punya kegunaan lain. (Matthias Kabel)

Nationalgeographic.co.id—Ketika seseorang menyebutkan hiburan di zaman Romawi kuno, gladiator mungkin yang pertama kali terlintas di benak. Gladiator bertarung satu sama lain, bahkan dengan binatang liar. Pertarungannya cukup brutal, sehingga baju pelindung atau bahkan helm dibutuhkan. Namun ternyata tidak semua gladiator mengenakan helm atau pelindung. Tidak sekedar melindungi kepala, helm yang dikenakan gladiator punya kegunaan lain.

Apakah semua gladiator mengenakan helm pelindung?

Tidak semua gladiator mengenakan helm. Sebagai contoh, retiarius (yang secara harfiah diterjemahkan sebagai manusia jaring) adalah termasuk salah satunya. Gladiator ini dipersenjatai dengan jaring, trisula, dan belati. Dibandingkan dengan jenis gladiator lainnya, retiarius mengenakan baju besi kecil. Baju pelindung ini terdiri dari pelindung lengan, pelindung bahu, dan bantalan kain.

Dengan demikian, retiarius mengandalkan kecepatan dan kelincahan di arena. Jika ia mengenakan helm, ini tentu dapat memengaruhi kecepatannya. “Alih-alih kepala terlindungi helm, karena gerakan lambat, lawan dapat menyerangnya di bagian lain,” ungkap Wu Mingren di laman Ancient Origins.

Jenis gladiator lain yang tidak menggunakan helm adalah gladiator wanita atau gladiatrix. Ketiadaan helm sebagai pelindung untuk menekankan jenis kelamin mereka.

Helm secutor

Kecuali gladiatrix dan retiarius, sebagian besar gladiator mengenakan helm pelindung. Namun jenisnya pun berbeda-beda. Desain helm tergantung pada kelas gladiator. Misalnya, secutor (artinya 'pengikut' atau 'pengejar') secara teratur diadu melawan retiarius. Maka seorang secutor membutuhkan helm yang dirancang khusus untuk melindunginya dari senjata lawannya.

Helm secutor berbentuk seperti kepala ikan, mengingat lawannya adalah seorang manusia jala atau nelayan. Untuk memaksimalkan perlindungan terhadap serangan tusukan trisula retiarius, helm secutor hanya dilengkapi dengan dua lubang mata kecil.

Meski terlindungi, secutor yang mengenakan helm ini memiliki jarak pandang yang terbatas. (Mary Harrsch)

Meski demikian, helm secutor memiliki kelemahan yaitu jarak pandang yang terbatas. Selain itu, helm memiliki bagian atas yang membulat dan tidak memiliki dekorasi apa-apa. “Tujuannya untuk mencegah hem tersangkut jaring retiarius,” ujar Mingren.

Helm murmillo

Helm yang digunakan oleh gladiator murmillo memiliki kemiripan dengan gladiator thracia atau thraex. Keduanya merupakan gladiator bersenjata lengkap.