Benarkah Aplikasi Seluler Efektif Meningkatkan Kesehatan Jantung?

By Ricky Jenihansen, Jumat, 22 Juli 2022 | 12:00 WIB
Apliksai seluler untuk meningkatkan kesehatan jantung. (The Rahnuma)

Nationalgeographic.co.id—Aplikasi seluler adalah alat populer bagi banyak orang yang ingin meningkatkan kesehatan mereka. Tapi apakah itu efektif? Penelitian terbaru dari Mayo Clinic menemukan itu bisa terjadi jika aplikasi disesuaikan secara budaya dengan kebutuhan penggunanya.

Laporan studi tersebut telah diterbitkan di Circulation dengan judul "Community-Based, Cluster-Randomized Pilot Trial of a Cardiovascular Mobile Health Intervention: Preliminary Findings of the FAITH! Trial" baru-baru ini. Publikasi tersebut merupakan jurnal akses terbuka yang bisa diperoleh secara daring.

Para peneliti Mayo Clinic mengevaluasi efektivitas aplikasi seluler yang relevan secara budaya. Aplikasi tersebut dirancang untuk meningkatkan kesehatan jantung di antara orang Afrika-Amerika dalam komunitas agama.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang berpartisipasi dalam uji klinis selama 10 minggu menggunakan aplikasi mengalami peningkatan yang signifikan. Baik itu dalam skor kesehatan jantung secara keseluruhan dan peningkatan dalam perilaku kesehatan jantung utama yang terkait dengan diet dan aktivitas fisik.

Menurut laporan dari American Heart Association, orang-orang Afrika Amerika secara tidak proporsional dipengaruhi oleh penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan populasi umum. Perbedaan tersebut didorong oleh faktor risiko kardiovaskular yang mendasari, serta ketidaksetaraan sosial dan ekonomi.

"Studi kami adalah yang pertama dari jenisnya yang mengintegrasikan aplikasi berbasis ponsel cerdas yang inovatif, diverifikasi komunitas ke dalam uji klinis acak untuk meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan di antara orang Afrika-Amerika," kata LaPrincess Brewer, M.D., ahli jantung preventif Mayo Clinic dan peneliti utama.

"Hasil kami menjanjikan karena menunjukkan potensi teknologi seluler untuk secara positif memengaruhi perilaku kesehatan yang menantang untuk diubah: diet dan aktivitas fisik."

Studi ini merupakan bagian dari program penelitian komunitas yang disebut Fostering African American Improvement in Total Health, atau FAITH! Kepercayaan!.

Program tersebut adalah kemitraan akademik-komunitas yang berfokus pada penanganan kesenjangan kesehatan, khususnya terkait dengan kesehatan jantung di komunitas Afrika-Amerika.

Lebih dari 100 gereja Afrika-Amerika di Rochester dan Twin Cities aktif dalam IMAN! Program yang dipimpin oleh Brewer di Mayo Clinic sejak tahun 2013.

Brewer mendemonstrasikan aplikasi kepada seorang pria. (CLIC)

The FAITH! app adalah proyek berbasis komunitas, dirancang bersama dengan bantuan IMAN! mitra masyarakat. Aplikasi saat ini tidak tersedia untuk umum karena penelitian terus berlanjut.