Dunia Hewan: Uniknya Ikan Arapaima yang Bisa Tumbuh hingga Dua Kuintal

By Utomo Priyambodo, Jumat, 22 Juli 2022 | 16:00 WIB
Orang Amazon sedang mengangkat arapaima gigas, salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. (RICARDO OLIVIERA/AFP)

Nationalgeographic.co.id—Ikan arapaima adalah salah satu jenis ikan tawar terbesar dalam dunia hewan dan biasanya hidup di Sungai Amazon. Uniknya, baru-baru tiga ikan arapaima ditemukan warga usai banjir bandang menerjang Garut. Tiga ikan raksasa itu ditemukan di Sungai Cipeujeuh hingga akhirnya dikonsumsi warga.

Ikan pertama ditemukan warga pada Sabtu (16/07/2022) dengan berat mencapai 50 kilogram dengan panjang sekitar dua meter. Adapun dua ikan lainnyaditemukan warga pada Minggu (17/07/2022) dengan besar tidak jauh beda dari ikan pertama yang ditemukan. Ketiga ikan tersebut ditemukan dalam kondisi telah mati.

Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Garut Dodi Arisandi mengungkapkan, ikan arapaima merupakan ikan eksotik yang berasal dari Sungai Amazon di Benua Amerika dan bukan ikan lokal Indonesia. Menurut Dodi, sebagaimana diberitakan Kompas.com, arapaima termasuk salah satu ikan yang dilarang masuk ke Indonesia. Dia menjelaskan, warga Indonesia yang memelihara ikan arapaima bisa dikenai sanksi pidana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 yang diubah menjadi Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 yang dikuatkan oleh Peraturan Menteri Nomor 41 Tahun 2014.

Belakangan diketahui bahwa ketiga ikan predator yang bersifat invasif itu merupakan milik seorang bos pabrik pengolahan cengkih yang ada di kawasan Maktal, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Tiga ikan itu dipelihara sejak kecil sang pemilik di kolam bagian belakang pabrik pengolahan cengkih tersebut.

Menurut Ikih (65), salah seorang karyawan pabrik, sebagaimana dikutip dari Detik.com, bagian belakang benteng yang mengelilingi kolam itu jebol saat banjir bandang. Akibatnya, ketiga ikan tersebut terbawa arus.

Dikutip dari National Geographic, ikan arapaima dikenal juga sebagai paiche atau pirarucu. Arapaima adalah ikan yang melapisi sungai hutan hujan di Cekungan Amazon Amerika Selatan dan danau serta rawa di dekatnya.

Ikan ini adalah salah satu spesies ikan air tawar terbesar di dunia dan dapat tumbuh hingga panjang 4,5 meter dan berat hingga 2 kuintal, meski jarang. Yang lebih umum, rata-rata panjang ikan ini adalah sekitar 1,8 meter dan 90 kilogram.

Arapaima memiliki kepala berwarna hijau tembaga dengan ujung meruncing. Mulutnya menengadah. Tubuhnya ramping berwarna hitam dengan pusat putih dan tentu saja bersisik.

Sirip punggungnya membentang di sepanjang punggung ke arah ekor besarnya yang berwarna merah. Nama Brasil mereka, pirarucu, berasal dari bahasa Tupi dan diterjemahkan secara kasar sebagai "ikan merah."

Sebagai ikan yang butuh menghirup udara secara langsung, arapaima hanya bisa bertahan di bawah air selama 10 hingga 20 menit. Ikan ini cenderung tinggal di dekat permukaan air sebelum muncul untuk bernapas, menggunakan sebuah kantung renang yang termodifikasi yang membuka ke mulut ikan dan bertindak sebagai paru-paru. Tegukan yang berisik dan khas itu membuat suara ikan ini seperti batuk dan bisa terdengar dari jauh.

Terkait pola makannya, ikan raksasa Amerika Selatan ini menggunakan strategi makan "gulper". Dengan membuka mulutnya yang besar, ikan ini menciptakan ruang hampa yang menarik zat-zat makanan di dekatnya. Arapaima bertahan hidup terutama dengan memakan ikan, tetapi mereka juga dikenal memakan buah-buahan, biji-bijian, dan serangga.

Nelayan memuat arapaima ke perahu mereka di wilayah Amazon Barat dekat Volta do Bucho di Cagar Alam Ituxi pada 20 September 2017. Pemahaman tentang evolusi makhluk hidup di Amerika Selatan selama ini bias. Mungkinkah di belahan bumi lainnya juga demikian? (AFP)