Selidik Kuda Abad Ke-16 Pasca-Columbus di Situs Kolonial Spanyol

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 30 Juli 2022 | 10:00 WIB
Delsol et al. mendukung catatan kolonial awal yang menunjukkan bahwa Andalusia Spanyol adalah sumber kuda pertama yang dibawa ke Karibia. (Sci News)

Nationalgeographic.co.id—Dalam penelitian baru para dari Florida Museum of Natural History dan Georgia Museum of Natural History, mereka menganalisis fosil kuda dan artefak terkait yang sangat langka. Fosil tersebut adalah salah satu kuda domestik tertua dari Amerika yang diketahui hingga saat ini.

Studi ini mendukung catatan kolonial awal yang menunjukkan bahwa Andalusia Spanyol adalah sumber kuda pertama yang dibawa ke Karibia. Studi baru ini telah dipublikasikan di jurnal PLoS ONE dengan judul "Analysis of the earliest complete mtDNA genome of a Caribbean colonial horse (Equus caballus) from 16th-century Haiti."

Kuda domestik pertama kali dibawa ke Amerika oleh orang Eropa pada akhir abad ke-15 dan menjadi bagian penting dari industri dan militer Eropa di Belahan Barat. Dokumen sejarah menunjukkan bahwa kuda domestik paling awal dibawa ke Karibia dari Semenanjung Iberia.

Namun sedikit bukti arkeologis yang ada untuk menguatkan hal tersebut. Dalam studi ini, para peneliti menyajikan analisis genetik dari spesimen kuda akhir abad ke-16, menjelaskan asal-usul dan penyebaran kuda domestik Amerika.

Spesimen tersebut adalah fragmen gigi, yang awalnya salah diidentifikasi sebagai sapi, dari situs kolonial Spanyol di Puerto Real di tempat yang sekarang disebut Haiti.

Situs tersebut terletak di pulau Hispaniola, kota Puerto Real adalah salah satu pemukiman terjajah pertama di Spanyol. Didirikan pada tahun 1507 dan melayani selama beberapa dekade sebagai pelabuhan panggilan terakhir untuk kapal yang berlayar dari Karibia.

Para penulis mengurutkan genom mitokondria, tidak hanya memungkinkan identifikasi yang benar. Akan tetapi juga menjadikannya mitogenom lengkap paling awal yang diketahui dari kuda domestik pasca-Columbus di Amerika.

Kuda ini termasuk dalam garis keturunan genetik yang disebut equine haplogroup A, yang anggotanya terkenal dari Eropa Selatan. Itu mendukung hipotesis bahwa mereka berasal dari Semenanjung Iberia.

Selain itu, kerabat terdekat kuda ini adalah kuda poni liar di Pulau Chincoteague, Virginia, yang menurut cerita rakyat setempat terdampar setelah kapal karam Spanyol.

Meskipun penelitian ini hanya menyajikan satu genom mitokondria, penulis menyarankan bahwa hasilnya signifikan dalam berbagai hal.

Pertama, posisi kuda ini dalam garis keturunan umum Iberia mendukung dokumentasi Semenanjung Iberia sebagai sumber banyak kuda domestik Amerika awal. Kedua, hubungan antara kuda ini dan kuda lainnya di Amerika akan membantu memperjelas pemahaman kita tentang jalur yang ditempuh kuda saat mereka menjajah Amerika.

 Baca Juga: Dua Negara Saling Mengeklaim Lokasi Makam Colombus, Mana yang Benar?