Konfirmasi Sains Terbaru: Covid-19 Berasal dari Pasar Wuhan Tiongkok

By Ricky Jenihansen, Senin, 1 Agustus 2022 | 12:00 WIB
Hewan hidup yang dijual di pasar Pasar Grosir Makanan Laut Huanan adalah sumber pandemi Covid-19 (Jacob Nielsen)

Nationalgeographic.co.id—Tim peneliti internasional akhirnya mengonfirmasi bahwa hewan hidup yang dijual di pasar Wuhan, Pusat Grosir Makanan Laut Huanan adalah sumber pandemi Covid-19. Hampir tiga tahun lalu, pandemi ini bermula dan telah merenggut 6,4 juta nyawa di seluruh dunia.

Analisis berdasarkan lokasi dan urutan virus dari kasus Covid-19 awal menunjukkan pandemi dimulai di pasar Huanan di Wuhan, Tiongkok. Hewan hidup yang dijual di pasar sebagai sumber yang mungkin.

Studi genom mengungkapkan bahwa virus SARS-Cov-2 melompat ke manusia pada dua kesempatan terpisah. Laporan tersebut telah diterbitkan dalam dua makalah di jurnal Science.

Penelitian ini dipimpin oleh pakar evolusi virus Arizona University, Michael Worobey. Tim peneliti internasional telah melacak awal pandemi ke pasar di Wuhan, Tiongkok, di mana rubah, anjing rakun, dan mamalia hidup lainnya yang rentan terhadap virus dijual langsung sebelum pandemi dimulai.

Publikasi, yang telah melalui tinjauan sejawat dan menyertakan analisis dan kesimpulan tambahan, hampir menghilangkan skenario alternatif yang telah disarankan sebagai asal mula pandemi.

Selain itu, penulis menyimpulkan bahwa penyebaran pertama ke manusia dari hewan kemungkinan terjadi dalam dua peristiwa penularan terpisah di pasar Huanan pada akhir November 2019.

Satu studi meneliti lokasi kasus Covid-19 pertama yang diketahui, serta sampel swab yang diambil dari permukaan di berbagai lokasi di pasar. Yang lainnya berfokus pada sekuens genomik SARS-CoV-2 dari sampel yang dikumpulkan dari pasien Covid-19 selama minggu-minggu pertama pandemi di China.

Makalah pertama meneliti pola geografis kasus Covid-19 pada bulan pertama wabah, Desember 2019. Tim berhasil menentukan lokasi hampir semua dari 174 kasus Covid-19 yang diidentifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bulan itu, 155 di antaranya berada di Wuhan.

Kasus Covid-19 awal menunjukkan pandemi dimulai di pasar Huanan di Wuhan (Bloomberg)

Analisis menunjukkan bahwa kasus-kasus ini berpusat di sekitar pasar Huanan, sedangkan kasus-kasus selanjutnya tersebar luas di seluruh Wuhan, kota berpenduduk 11 juta orang.

Khususnya, para peneliti menemukan bahwa persentase yang mencolok dari pasien Covid awal yang tidak diketahui memiliki hubungan dengan pasar. Yang berarti mereka tidak bekerja di sana atau berbelanja di sana, ternyata tinggal di dekat pasar.

"Ini mendukung gagasan bahwa pasar adalah pusat epidemi," kata Worobey yang mengepalai Departemen Ekologi dan Biologi Evolusi UArizona.