Arkeolog Menemukan Serangkaian 'Jejak Kaki Hantu' Kuno di Gurun Utah

By Ricky Jenihansen, Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:00 WIB
Penemuan 'Jejak Kaki Hantu' kuno di Gurun Utah (R.Nial Bradshaw)

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog baru-baru ini menemukan serangkaian 'jejak kaki hantu' misterius di dataran garam gurun Utah. Jejak kuno yang tidak biasa ini mendapatkan nama menakutkan mereka bukan karena mereka berasal dari alam halus, tetapi karena komposisi duniawi jejak tersebut.

Jejak ini menjadi terlihat hanya setelah hujan dan jejak kaki terisi dengan uap air dan menjadi lebih gelap warnanya, sebelum menghilang lagi setelah mengering di bawah sinar matahari.

Para peneliti secara tidak sengaja menemukan kesan yang tidak biasa ini pada awal Juli. Ketika itu mereka berkendara ke situs arkeologi terdekat lainnya di Hill Air Force Base di Gurun Great Salt Lake Utah.

Tim awalnya hanya menemukan beberapa jejak kaki, tetapi pemeriksaan menyeluruh di daerah sekitarnya menggunakan radar penembus tanah (GPR) mengungkapkannya. Setidaknya 88 jejak kaki individu milik berbagai orang dewasa dan anak-anak yang diperkirakan berusia 5 tahun.

Perlu diketahui, teknik GPR bekerja dengan menembakkan gelombang radio ke tanah yang memantul dari benda-benda yang tersembunyi di bawah permukaan.

Jejak hantu ditinggalkan oleh kaki manusia telanjang setidaknya 10.000 tahun yang lalu ketika daerah itu masih merupakan lahan basah yang luas.

Namun, para peneliti menduga bahwa jejak tersebut dapat berasal dari 12.000 tahun yang lalu selama bentangan terakhir zaman es terakhir selama zaman Pleistosen, sekira 2,6 juta hingga 11.700 tahun yang lalu.

Penemuan begitu banyak jejak kaki kuno adalah "penemuan sekali seumur hidup," Anya Kitterman, manajer sumber daya budaya di Hill Air Force Base yang mengawasi pekerjaan arkeologi, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Daron Duke menunjukkan kepada pengunjung jejak kaki kuno. (R.Nial Bradshaw)

"Kami menemukan jauh lebih banyak daripada yang kami harapkan."

Namun, penemuan tersebut belum dipublikasikan dalam jurnal peer-review karena para peneliti masih menganalisis jejak kaki tersebut.

Gurun Great Salt Lake dulunya ditutupi oleh danau asin besar yang mirip dengan Great Salt Lake di dekatnya. Danau air asin terbesar di Belahan Barat, yang dinamai berdasarkan nama gurun tersebut.