Dunia Hewan: Seekor Monyet Diduga Menelepon Polisi dari Kebun Binatang

By Utomo Priyambodo, Kamis, 25 Agustus 2022 | 07:00 WIB
Route, monyet muda yang jahil dan penuh rasa ingin tahu. (San Luis Obispo County Sheriff’s Office/Facebook)

Nationalgeographic.co.id—Monyet adalah salah satu binatang yang paling cerdas dalam dunia hewan. Baru-baru ini seekor monyet membuat para polisi menggaruk-garuk kepala. Pada 13 Agustus silam, para polisi menerima panggilan 911 yang misterius.

Setelah kehilangan koneksi, mereka menyelidiki sumbernya. Mereka kemudian menemukan fakta bahwa panggilan itu dilakukan dari kebun binatang, tapi tidak ada penjaga kebun binatang yang mengaku sebagai peneleponnya. Namun, seekor monyet capuchin berusia 10 bulan dilaporkan telah mengambil sebuah ponsel.

“Kami diberitahu bahwa monyet-monyet capuchin sangat ingin tahu dan akan mengambil apa saja dan mulai menekan tombol-tombol,” tulis halaman Facebook San Luis Obispo County Sheriff’s Office dalam sebuah postingan tentang petualangan teknologi yang dilakukan monyet capuchin betina bernama Route itu.

"Dan itulah yang dilakukan Route... kebetulan itu adalah kombinasi nomor yang tepat untuk menghubungi kami."

Dikutip dari IFLScience, pencurian kecil oleh Route itu terjadi di mobil golf kebun binatang, yang digunakan penjaga untuk berkeliling di situs seluas 40 hektar di Zoo to You dekat Paso Robles di California, Amerika Serikat. Kala itu Route sedang menaiki mobil golf itu bersama Lisa Jackson, asisten direktur di Zoo to Yo.

Saat itu monyet capuchin muda tersebut mengambil ponsel Lisa. Ponsel itu menarik perhatian karena mungkin merupakan benda yang tidak biasa bagi monyet tersebut.

"Dia hanya semacam penumpang di mobil saya, dan kami sedang berkendara, dan dia mengambil ponsel itu," ujar Lisa Jackson mengatakan dalam sebuah wawancara dengan pembawa acara As It Happens Susan Bonner.

“Dia selalu ingin tahu dan jadi saya tidak berpikir apa-apa soal itu. Mengambil ponsel, meletakkannya kembali, dan kemudian dia dan saya mengerjakan urusan kami."

Dengan wajah yang seolah berteriak “Kamu punya game di ponselmu?”, kejenakaan Route menunjukkan kecerdasan hewan-hewan ini bahkan di usia muda. Dalam dunia hewan, kelakuan monyet-monyet ini tidaklah terlalu aneh.

   

Baca Juga: Dunia Hewan: Inilah Tujuh Binatang yang Punya Profesi Tidak Biasa

Baca Juga: Dunia Hewan: Anjing 'Menangis' Saat Bertemu dengan Manusia Favoritnya