Teleskop James Webb Merekam Senam Bintang di Galaksi Cartwheel

By Wawan Setiawan, Minggu, 7 Agustus 2022 | 11:00 WIB
Galaksi Cartwheel terlihat besar berwarna merah muda berbintik-bintik menyerupai roda dengan oval bagian dalam kecil, dengan debu biru di antaranya di sebelah kanan, dengan dua galaksi spiral yang lebih kecil dengan ukuran yang sama di sebelah kiri dengan latar belakang hitam. (NASA, ESA, CSA, STScI)

Nationalgeographic.co.id - Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah mengintip ke dalam kekacauan Galaksi Cartwheel. Ia mengungkap detail baru tentang pembentukan bintang dan lubang hitam pusat galaksi.

Pandangan inframerah Webb yang kuat menghasilkan gambar rinci dari Cartwheel dan dua galaksi pendamping yang lebih kecil dengan latar belakang banyak galaksi lain. Gambar tersebut memberikan wawasan baru tentang bagaimana Galaksi Cartwheel telah berubah selama miliaran tahun.

Galaksi Cartwheel, terletak sekitar 500 juta tahun cahaya di konstelasi Sculptor. Ia adalah pemandangan yang sangat langka. Penampilannya yang seperti roda gerobak, adalah hasil dari peristiwa intens. Peristiwa tabrakan berkecepatan tinggi antara galaksi spiral besar dan galaksi kecil yang tidak terlihat dalam gambar ini. Tabrakan proporsi galaksi menyebabkan kaskade yang berbeda, peristiwa yang lebih kecil antara galaksi yang terlibat; Cartwheel tidak terkecuali.

Tabrakan tersebut terutama memengaruhi bentuk dan struktur galaksi. Galaksi Cartwheel memiliki dua cincin. Cincin bagian dalam yang cerah dan cincin warna-warni di sekitarnya. Kedua cincin ini mengembang keluar dari pusat tumbukan seperti riak di kolam setelah sebuah batu dilemparkan ke dalamnya. Karena ciri khas ini, para astronom menyebutnya "galaksi cincin", sebuah struktur yang kurang umum dibandingkan galaksi spiral seperti Bimasakti kita.

Inti terang mengandung sejumlah besar debu panas dengan area paling terang menjadi rumah bagi gugus bintang muda raksasa. Di sisi lain, cincin luar telah mengembang selama sekitar 440 juta tahun. Cincin ini didominasi oleh pembentukan bintang dan supernova. Saat cincin ini mengembang, ia membajak ke gas di sekitarnya dan memicu pembentukan bintang.

Teleskop lain, termasuk Teleskop Luar Angkasa Hubble, sebelumnya telah memeriksa Cartwheel. Akan tetapi galaksi dramatis ini telah diselimuti misteri. Ini mungkin secara harfiah, mengingat jumlah debu yang mengaburkan pandangan. James Webb, dengan kemampuannya mendeteksi cahaya inframerah, kini mengungkap wawasan baru tentang sifat Cartwheel.

Gambar dari Webb's Mid-Infrared Instrument (MIRI) ini menunjukkan sekelompok galaksi, termasuk galaksi besar berbentuk cincin yang terdistorsi yang dikenal sebagai Cartwheel. (NASA, ESA, CSA, STScI, Webb ERO Production Team)

Near-Infrared Camera (NIRCam), imager utama Webb, terlihat dalam kisaran inframerah-dekat dari 0,6 hingga 5 mikron. Ia melihat panjang gelombang cahaya penting yang dapat mengungkapkan lebih banyak bintang daripada yang diamati dalam cahaya tampak. Ini karena bintang-bintang muda banyak terbentuk di cincin luar kurang tertutup oleh keberadaan debu ketika diamati dalam cahaya inframerah.

"Banyak orang terkadang melihat gambar luar angkasa dan itu membuat mereka merasa kecil," kata Eric Smith, kepala ilmuwan di divisi astrofisika NASA dan ilmuwan program untuk JWST. "Ketika saya melihat gambar-gambar ini, mereka membuat saya merasa kuat, bahwa sekelompok orang dapat membuat instrumen yang luar biasa ini untuk menemukan hal-hal tentang alam semesta."

 Baca Juga: NASA Merilis Gambar Teleskop Webb Pertama Jupiter dan Bulan Europa

 Baca Juga: Termasuk James Webb, Inilah Lima Teleskop Paling Mahal di Dunia

 Baca Juga: Teleskop James Webb Jika Hendak Mendeteksi Alien: Deteksi Metana!