Ketika Kita 'Healing' Hubungan Antara Manusia dan Alam Terjalin

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:00 WIB
Berjalan menikmati alam terbuka membuat kita memiliki koneksi dengan ekosistem sekitar. Dengan demikian, secara psikis, tingkat kesejahteraan manusia bisa meningkat, menurut sebuah penelitian. (iStock Photo)

Nationalgeographic.co.id - Healing, begitulah sebutan untuk tren orang-orang yang menyempatkan waktu untuk beristirahat dari aktivitas sepekan. Tiap orang punya cara healing-nya masing-masing sebagai penyembuhan dari psikis yang karut karena aktivitasnya. Salah satu yang mujarab, paling disenangi, dan disarankan, adalah pergi jalan-jalan menikmati alam.

Pemandangan indah dan udara segar terasa seperti memberi energi untuk kita, meski kita sebenarnya hanya berdiam menikmatinya saja. Laporan sebelumnya pun membuktikan bahwa kegiatan luar ruangan berbasis alam bisa menyebabkan peningkatan suasana hati, memberi emosi positif, dan mengurangi kecemasan.

Di sisi lain, sekelompok para peneliti mencari tahu bagaimana alam bisa memberikan manfaat lain non-materi, di luar air bersih, makanan, dan bahan baku bermanfaat, untuk kesejahteraan. Kuncinya ternyata adalah hubungan manusia dengan alam.

Untuk mencari tahu jawabannya, para peneliti dari berbagai bidang di University of Tokyo mengidentifikasi bagaimana kontribusi nonmaterial alam bisa memengaruhi kesejahteraan manusia. Penelitian itu diterbitkan di Science Advances berjudul Linking the nonmaterial dimensions of human-nature relations and human well-being through cultural ecosystem services pada 5 Agustus 2022.

Manfaat nonmateri ini disebut sebagai jasa ekosistem budaya (CES). Sudah banyak ilmuwan yang mengeksplorasi hubungan antara alam dan kesejahteraan manusia. Penelitian ini menggunakan meotde yang berfokus pada demografi dan tempat yang berbeda.

Lam Huynh dari program pascasarjana Sustainability Science di Univeristy Tokyo dan rekan-rekannya membaca literatur terhadap 301 artikel akademik yang membahas CES. Dari sana, mereka mengidentifikasi adanya ratusan tautan hubungan antara manusia dan CES.

"Kami mengidentifikasi 227 hubungan unik antara satu CES (seperti rekreasi atau nilai estetika) dan satu konstituten kesejahteraan manusia (seperti keterhubungan, spiritualitas, atau kesehatan)," ujar Huynh, dikutip dari rilis pers University of Tokyo. "Kami tahu bahwa ada banyak keterikatan, tetapi kami terkejut saat menemukan ternyata ada begitu banyak jumlahnya."

Baca Juga: Menyuarakan Suara Kebijakan, Manusia, dan Alam Melalui Fotografi

Baca Juga: Menguak Misteri Pemenggalan Kepala Manusia di Lembah Nahanni

Baca Juga: Menghabiskan Waktu di Alam Dapat Menyembuhkan Trauma

Baca Juga: Cara Terbaik dan Murah Menjaga Kesehatan Anak: Bermain di Luar Ruangan

Lebih rincinya, mereka mengidentifikasi 16 'mekanisme' atau jenis hubungan unik yang mendasar antara manusia dan CES. Semuanya mengacu pada berbagai cara interaksi manusia dengan alam yang memengaruhi kesejahteraan mereka.