Bukti Terkuat Dampak Meteorit Raksasa Ciptakan Benua-benua di Bumi

By Wawan Setiawan, Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi meteor menuju Bumi. Beberapa ilmuwan berpikir dampak meteor seperti itu mungkin telah menyebabkan pembentukan benua seperti yang ada saat ini. (solarseven/iStock/Getty Images Plus)

Nationalgeographic.co.id—Sampai saat ini, Bumi adalah satu-satunya planet yang kita ketahui yang memiliki benua. Bagaimana tepatnya mereka terbentuk dan berevolusi masih belum jelas. Akan tetapi kita tahu, karena tepi benua terpisah ribuan mil memberikan kecocokan bahwa pada suatu waktu yang lalu, daratan Bumi pernah terkonsentrasi di satu superbenua besar.

Karena planet ini tidak terlihat seperti saat ini, pasti ada sesuatu yang memicu superbenua itu pecah. Kini, kita memiliki bukti baru yang menunjukkan bahwa dampak meteorit raksasa memainkan peran penting dalam hal itu.

Sebuah penelitian baru dilakukan oleh Curtin University telah memberikan bukti terkuat bahwa benua-benua di Bumi terbentuk oleh tumbukan meteorit raksasa. Ini terjadi selama sekitar satu miliar tahun pertama dari sejarah empat setengah miliar tahun planet kita.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Nature pada 10 Agustus kemarin dengan judul Giant impacts and the origin and evolution of continents.

Dr Tim Johnson, dari Curtin's School of Earth and Planetary Sciences, mengatakan gagasannya. Menurut beliau, benua awalnya terbentuk di lokasi tumbukan meteorit raksasa. Ini telah ada selama beberapa decade. Tetapi sampai sekarang hanya ada sedikit bukti kuat untuk mendukung teori tersebut.

"Dengan memeriksa kristal kecil mineral zirkon di bebatuan dari Pilbara Craton di Australia Barat, yang mewakili sisa-sisa kerak purba yang paling terpelihara di Bumi. Di sana kami menemukan bukti dampak meteorit raksasa ini," kata Johnson.

"Mempelajari komposisi isotop oksigen dalam kristal zirkon ini dapat mengungkapkan proses 'top-down' dimulai dengan pencairan batuan di dekat permukaan dan berkembang lebih dalam, konsisten dengan efek geologis dari dampak meteorit raksasa.” jelasnya.

Dr Johnson mengatakan memahami pembentukan dan evolusi berkelanjutan dari benua Bumi sangatlah penting. Mengingat bahwa daratan ini menampung sebagian besar biomassa Bum. Semua manusia dan hampir semua deposit mineral penting ada di planet ini.

Sebuah ngarai di Taman Nasional Karijini memamerkan bebatuan Pilbara Craton. (iStock)

"Penelitian kami memberikan bukti kuat pertama bahwa proses yang akhirnya membentuk benua dimulai dengan dampak meteorit raksasa. Ini mirip dengan yang bertanggung jawab atas kepunahan dinosaurus, tetapi yang terjadi miliaran tahun sebelumnya," kata Johnson, seperti yang dilaporkan Science Alert. "Paling tidak, benua menjadi tuan rumah logam penting seperti lithium, timah dan nikel. Yang merupakan komoditas penting untuk teknologi hijau yang muncul dan diperlukan untuk memenuhi kewajiban kita untuk mengurangi perubahan iklim."

Deposit mineral ini adalah hasil akhir dari proses yang dikenal sebagai diferensiasi kerak. Dimulai dengan pembentukan daratan paling awal, di mana Pilbara Craton hanyalah salah satu dari sekian banyak.

Pekerjaan itu dilakukan pada 26 sampel batuan yang mengandung fragmen zirkon, berumur antara 3,6 dan 2,9 miliar tahun. Tim peneliti dengan hati-hati menganalisis isotop oksigen; khususnya, rasio oksigen-18 dan oksigen-16, yang masing-masing memiliki 10 dan 8 neutron. Rasio ini digunakan dalam paleogeologi untuk menentukan suhu pembentukan batuan di mana isotop ditemukan.